Bupati Samosir Salurkan Bibit Bermutu Sebagai Kunci Kesuksesan Bawang Merah

/

/ Sabtu, 08 Oktober 2022 / 23.35 WIB

Samosir,PILAREMPAT.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian terus bersinergi dengan Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi. Hasil sinergisitas Pemkab diwujudkan adanya pengalokasian Kegiatan Kampung Bawang Merah Sumber Dana APBN Kementerian Pertanian RI (TP Provsu) di Kabupaten Samosir.


Pengembangan kawasan kampung hortikultura bawang merah harus dimulai penggunaan bibit bermutu bersertifikat. Ini merupakan sarana utama penggunaan menjadi suatu keharusan agrobisnis hortikultura.


Bupati Samosir melalui Plt. Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Tumiur Gultom menyampaikan, bahwa pendistribusian bantuan bibit bawang merah varietas Batu Ijo di Desa Cinta Dame Simanindo kepada 4(empat) Kelompok Tani penerima bantuan yaitu Poktan Mandiri, Lamganda, Sari Tani dan Sejahtera dengan total bantuan keseluruhan sejumlah 10ton, Jumat (7/10/2022).


Acara turut dihadiri Anggota DPRD Samosir Magdalena Sitinjak yang disambut antusias oleh kelompok tani.


Dijelaskan Tiur, bahwa

bibit bermutu tentu akan menghasilkan produk yang berkualitas tinggi. Program ini bertujuan untuk memacu semangat petani bawang merah samosir dalam meningkatkan produktivitas tanaman bawang merah yang terkenal pada jamannya. “perlu komitmen bersama dari seluruh pihak, baik petani, petugas pertanian yang mendampingi serta perhatian Pemerintah Daerah untuk keberhasilan berkelanjutan kampung bawang merah yang berdaya saing serta dapat menjadi contoh bagi daerah sekitarnya”, cetus dia.


“Kami sangat berterima kasih atas perhatian Pemkab yang telah mengadakan program kegiatan ini serta memberi semangat untuk meningkatkan hasil produksi dan penerapan budidaya yang kembali kepada alam untuk mengurangi ketergantungan penggunaan pupuk kimia yang berlebihan” tambah Alsudin Sidauruk.


“Berharap kedepan program Kampung Bawang Merah ini dapat mencukupi kebutuhan bibit bawang merah di Samosir khususnya Desa Cinta Dame untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani”, tutupnya. (P4/MT)

Komentar Anda

Berita Terkini