Bupati Samosir Raih Penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2022

/

/ Jumat, 23 September 2022 / 22.30 WIB

Samosir,PILAREMPAT.COM - Sebanyak 7 Gubernur dan 16 Bupati mendapat penghargaan dari MNC Portal Indonesia atas inovasinya membangun daerah masing-masing. Penghargaan diberikan pada Malam Penganugerahan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2022 di Venue Sam Poo Kong, Jumat (23/9/2022), Semarang, Jawa Tengah.


Bupati Samosir terpilih salah satu Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2022 kategori Wisata, inovasi pengembangan wisata di Samosir masa pandemi covid melanda melalui pembentukan serta pengelolaan Desa Wisata Inovatif serta lebih optimal.


Pengembangan sektor Parawisata yang ramah lingkungan pengelolaan Desa wisata yang optimalisasi pemanfaatan potensi Desa berupa Kekayaan warisan Budaya berupa tenun ulos, situs budaya, atraksi wisata juga pemanfaatan Rumah Adat sebagai Home Stay.


Kabupaten Samosir terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan, peningkatan Kapasitas SDM dan Promosi membangun jejaring dengan sinergitas berbagai penthahelix kepariwisataan, aktif melakukan Edukasi dan Vokasi Saptapesina, penerapan CHSE, Cinta budaya lokal serta pembuatan muatan lokal kebudayaan kurikulum sekolah.


Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menyerahkan langsung penghargaan sebagai Kepala Daerah Inovatif(KDI) 2022 kategori Parawisata kepada Bupati Samosir.


Dalam sambutannya di depan para kepala daerah yang tengah sumringah, Mendes PDTT Abdul Halim turut memberikan Pantun yang berisikan apresiasi terhadap MNC Portal yang sukses menggelar KDI dalam beberapa tahun terakhir. Termasuk, menciptakan pemimpin daerah yang andal.


“Ke pasar pagi membeli bantal, tidak lupa beli minyak kurap dan sandal, melalui gelar KDI oleh MNC portal tercipta pemimpin daerah yang andal,” tutur Halim


Komisaris Utama MNC Asia Holding Tbk Agung Firman Sampurna mengatakan, tema dari penyelenggaraan Kepala Daerah Inovatif 2022 adalah ‘Inovasi untuk Akselerasi Kemajuan Daerah Menyongsong Era Society 5.0’.


“Ini adalah sebuah tema besar dan sebelum kita masuk ke tema ini sedikit mengingatkan bahwa 22 tahun yang lalu ada satu tuntutan reformasi yang kemudian mengubah penyelenggaraan sistem pemerintahan kita khususnya dalam kaitan hubungan antara pemerintah pusat dan daerah yaitu kebijakan desentralisasi,” katanya.


Dengan kebijakan desentralisasi, sebagian besar wewenang dalam penyelenggaraan pembangunan daerah dan pelayanan pada masyarakat diserahkan oleh pemerintah pusat kepada daerah. “Jadi apa yang sebenarnya diharapkan adalah ketika desentralisasi diserahkan, ketika desentralisasi diterapkan maka pemerintah daerah dapat lebih dekat dengan rakyat yang dilayaninya,” imbuhnya.


Acara diakhiri dengan penampilan Band Padi Reborn, yang menghibur para kepala Daerah yang meraih penghargaan. (P4/MT)

Komentar Anda

Berita Terkini