BI : Kontribusi Sumut untuk Ekonomi Nasional Capai 5 %

/

/ Rabu, 28 September 2022 / 20.35 WIB

Medan,PILAREMPAT.com - Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI), Destry Damayanti mengungkapkan, kontribusi Sumatera Utara (Sumut) terhadap pertumbuhan ekonomi nasional mencapai 5 persen. 

"Hal ini membuktikan jika Sumut memiliki peran yang besar terhadap perekonomian Indonesia," ujar Destry pada acara North Sumatra Invest (NSI) Day yang digelar Bank Indonesia Perwakilan Sumut, Rabu (28/09/2022).

Dari pertumbuhan tersrbut, sebutya, 

ada 30,22% disumbangkan sektor investasi dimana khusus di triwulan II yang pertumbuhan ekonominya tercatat 4,70% secara YoY, 2,1% sektor investasi bertumbuh 2,1%.

Mengutip data dari BPKM, realisasi investasi di Sumut juga tercatat cukup baik. Selama periode Januari hingga Juli 2022, realisasi investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) tercatat sebesar Rp3,02 triliun untuk 1.216 proyek, sedangkan untuk realisasi investasi Penanaman Modal Asing (PMA) tercatat sebesar US$462 juta untuk 278 proyek.

“Besarnya potensi investasi di Sumut ini juga didukung dengan sumber daya manusia yang ada, dimana lebih 56 persen dari total penduduk berusia muda dan produktif,” ungkapnya.

Dijelaskan Destry bahwa Bank Indonesia memiliki komitmen untuk bersama-sama dengan stakeholder untuk bersama meningkatkan pembangunan daerah untuk mendorong perekonomian secara keseluruhan untuk menjadi negara maju.[P4/sya]

Komentar Anda

Berita Terkini