Pemkab Samosir Lanjutkan Kerjasama Dengan Akademis Universitas HKBP Nommensen

/

/ Kamis, 11 Agustus 2022 / 23.57 WIB


Samosir,PILAREMPAT.COM -
Guna percepatan pembangunan dan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Samosir, Bupati Samosir Vandiko T. Gultom didampingi Kadis Pendidikan Jhonson Gultom, Kadis Nakerkoperindag Rista Sitanggang, Kadis Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa August Karo Karo, Kadis Pariwisata Tetty Naibaho, Kadis Pertanian Tumiur Gultom, Plt. Kadis Kominfo Ricky Rumapea, Kakan Bapedda Litbang Rajoki Simarmata melakukan kunjungan kerja untuk menjalin kerjasama dengan Akademis Universitas HKBP Nommensen di Ruang Justin HKBP Nommensen, Senin (8/8/2022).


Dalam hal ini Bupati Samosir Vandiko T. Gultom bersama Rektor HKBP Nommensen Haposan Siallagan menandatangi perpanjangan kesepatakatan bersama/Memorandum Of Understanding (MoU). Kesepakatan bersama ini berlaku selama lima tahun dengan lingkup Pendidikan Bidang Kedokteran, Hukum, Psikologi, Ekonomi dan Bisnis serta Penelitian dan Pengembangan pada Bidang Kebudayaan dan Pariwisata, Pertanian, Peternakan, Kesehatan dan Wawasan Kebangsaan dengan Pengabdian kepada Masyarakat.


Selain MoU dengan Bupati Samosir, Universitas HKBP Nommensen Medan juga melakukan Memorandum Of Agreetment (MoA) dengan Dinas Nakerkoperindag pada lingkup Pelaksanaan pendidikan pengajaran, penelitian Dosen dan Mahasiswa, Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat, Implementasi Merdeka Belajar Kampus dan Bidang lain yang disaksikan langsung oleh Bupati Samosir dan Rektor Universitas HKBP Nommensen Medan.


Dalam Sambutannya Bupati Samosir menyampaikan terimakasih dan apresiasi atas kerjasama yang telah dijalin untuk membantu Kabupaten Samosir dalam percepatan pembangunan dan peningkatan sumber daya manusia, dengan pelaksanaan MoU ini diharapkan dapat membangun SDM yang Unggul dan Bermartabat. ” MoU antara Pemkab Samosir dan Universitas Nommensen kiranya bukan semata sebagai dokumen, namun mempunyai arti dalam mengimplementasikan dalam membangun SDM yang unggul dan bermartabat untuk Samosir lebih baik”, ujar Bupati.


Ditambahkan, Pemkab Samosir dalam hal ini selalu membuka secara luas jejaring kemitraan dengan berbagai pihak dimana salah satunya adalah pihak Akademisi yang mempunyai dedikasi dalam pemberian perhatian serta kontribusi yang baik untuk mendukung program pemerintah dalam membentuk SDM yang unggul.


Sementara itu, Rektor Universitas HKBP Nommensen Haposan Siallagan turut menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Samosir atas kerjasama yang telah dilaksanakan dalam upaya meningkatkan SDM yang unggul, bermartabat dan pembangunan di Kabupaten Samosir.


Disampaikan bahwa MoU tersebut merupakan program Kementerian Pendidikan dalam meningkatkan kegiatan belajar yang tertuang dalam program kampus merdeka, oleh karena itu seluruh perguruan tinggi dituntut untuk melakukan kerjasama, baik dengan pemerintah, pengusaha dan yang lainnya. “Nantinya para mahasiswa akan belajar selama dua tahun di luar kampus bekerjasama dengan dinas-dinas terkait dan penilaiannya langsung dari Pemerintah”, ujar Rektor.


Selanjutnya disampaikan, bahwa di Indonesia lima perguruan tinggi dipercayakan sebagai percontohan pemanfaatan tenaga surya oleh kementerian pendidikan dan PT. Wika dimana salah satunya adalah perguruan tinggi HKBP Nommensen melalui kerjasama Kementerian Pendidikan dengan PT. Wika. “Semoga nanti program ini dapat di kerjasamakan untuk membantu mewujudkan misi Pemerintah pusat yaitu green energi”, tambahnya.


Setelah acara MoU tersebut, Bupati Samosir bersama Rektor dan rombongan melihat langsung sistem tenaga surya yang telah di terapkan pada Universitas HKBP Nommensen. (P4/MT)

Komentar Anda

Berita Terkini