Bupati Samosir Sambut Baik Pelatihan Ulubalang Partungkoan Adat

/

/ Rabu, 24 Agustus 2022 / 22.56 WIB


Samosir,PILAREMPAT.COM - Partungkoan Adat Samosir (PAS) salah satu Majelis Adat, Dewan Adat serta Lembaga Adat, menggelar pelatihan Ulubalang di Sipinggan Kecamatan Nainggolan, Senin (22/8/2022), Samosir.


Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 4 (empat) yang dimulai tanggal 22 hingga 25 Agustus 2022 dengan peserta utusan dari setiap Lembaga Adat Desa/Bius Se-Kabupaten Samosir, sebut Ketua Panitia Pelaksana Mangiring Naibaho.


Dijelaskan dia, pelatihan Ulubalang merupakan salah satu program prioritas kegiatan kerja Lembaga Adat 5 tahun kedepan, pasca dilantik oleh Bupati Samosir pada 19 Oktober 2021 lalu.


Perekrutan sekaligus pelatihan Ulubalang juga sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah daerah, dimana Samosir ditetapkan menjadi Daerah Pariwisata Super Prioritas oleh Pemerintah Pusat, maka Ulubalang diharapkan dapat menciptakan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan yang berkunjung ke objek wisata yang ada.


Seiring dengan itu, Wakil Ketua Umum Lembaga Adat Samosir, Martua Simbolon juga mengharapkan peran serta Ulubalang nantinya bisa maksimal dalam pelayanan pariwisata secara khusus menopang keamanan maupun ketertiban masyarakat sekaligus menjadi ujung tombak di situs/objek wisata di Samosir.


Sementara Bupati Samosir diwakili oleh Kasi. Pemerintahan Kecamatan Nainggolan, Sichmen Pandiangan menyambut baik serta mengapresiasi pelaksanaan pelatihan Ulubalang ini. Saat ini, Kabupaten Samosir sedang fokus dan konsen pada pembangunan sektor pariwisata yang muaranya meningkatkan perekonomian masyarakat.


Maka, peran Ulubalang diharapkan menjadi mitra pemerintah dalam menjalankan roda pemerintahan sekaligus menciptakan rasa kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung.


“Ulubalang harus menjadi sosok teladan, dimana keteladanan itu harus dimulai dari diri sendiri. Saya berharap setelah dibentuk Ulubalang ini nantinya, akan ada peningkatan grafik kenyamanan dan ketertiban masyarakat di Samosir”, tuturnya.


Dihari pertama pelaksanaan pelatihan Ulubalang ini, panitia menghadirkan sejumlah Narasumber diantaranya, Sinta Mauli Agnes Tamba, SH, MKn (Ketua Bidang Organisasi PAS), Petrus Nainggolan (Pemerhati adat dan budaya Batak), Jaubung Malau (Ketua Bidang Hukum Adat, Patik dan Ugari) dan Sepwan Sinaga (Pegiat Budaya Batak). (P4/MT)

Komentar Anda

Berita Terkini