Bupati Samosir Buka Rapat Evaluasi LPPD oleh TIM EPPD Provsu

/

/ Selasa, 02 Agustus 2022 / 23.53 WIB


        Rapat Evaluasi resmi saat dibuka oleh Bupati Samosir di Aula Kantor Bupati.(P4/Ist)

Samosir,PILAREMPAT.COM - Inspektur Propinsi Sumatera Utara (Provsu), Lasro Marbun bersama tim Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EPPD) Provsu melakukan rapat evaluasi terhadap LPPD Samosir Tahun 2021. Rapat Evaluasi resmi dibuka oleh Bupati Samosir di Aula Kantor Bupati, Selasa (2/8/2022).

Hadir Asisten I, Asisten III, pimpinan OPD serta Camat se-Kabupaten Samosir.

Rapat evaluasi, Inspektur Provsu, Lasro Marbun memberikan pengarahan dan penekanan guna perbaikan LPPD Samosir, bahwa perlunya peningkatan ekonomi UMKM.

Menurutnya, Pemasaran UMKM harus dilakukan secara digital, untuk memperluas pasar juga daya jual termasuk promosi paket perjalanan untuk mendukung pariwisata.

UMKM diharapkan mempunyai data statistik, sehingga diketahui semua jenis usaha pelaku UMKM yang akan diarahkan untuk menggeluti usaha-usaha yang lagi trend.

Lanjutnya, tahun 2024, akan diadakan evaluasi terhadap kinerja pemerintah daerah se-Sumut dengan kategori pembangunan, pelayanan publik serta perekonomian. Selain itu, Pendataan pajak bumi dan bangunan (PBB) harus digalakkan, guna meningkatkan pendapatan daerah. Pengamananan Asset dilengkapi dengan sertifikat, dan diharapkan Samosir sebagai daerah percontohan pengamanan asset di Sumatera Utara (Sumut).

Lasro Marbun mengharapkan, kerja keras pimpinan OPD secara maksimal dengan belajar dari LPPD tahun sebelumnya . “Metode kerja evaluasi dengan memahami Interpretasi, Analis, Konfirmasi, klarifikasi dengan menunjukkan bukti fisik dan program” cetusnya.

Sementara Bupati Samosir, menyambut baik kehadiran tim EPPD Propsu di Samosir.

Mengenai laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah TA. 2021 telah disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubsu dan telah dilaporkan secara elektronik. “LPPD 2021 adalah Sumber Data Utama Pelaksanaan Evaluasi Penyelenggara Pemerintahan daerah ini” sebut Bupati.

Ditambahkan Bupati, dalam kinerja Pemkab, ditekankan semua pimpinan OPD bekerjasama serta berperan aktif menindak lanjuti hasil Evaluasi yang diberikan Tim EPPD Provsu.

“Hasil Evaluasi jadikan untuk perbaikan dan peningkatan capaian kinerja Pemkab Samosir. Dengan Evaluasi ini, penyelenggaraan pemerintah daerah lebih baik dan mewujudkan masyarakat Samosir yang Sejahtera dan Bermartabat, Secara Ekonomi, Kesehatan dan Pendidikan serta mewujudkan Sumut yang Maju, Aman dan Bermartabat,” pungkasnya. (P4/MT)

Komentar Anda

Berita Terkini