Tepis Keluhan Kadispora, Wagub Sumut Sebut Kemungkinan PON XX/2024, Ditunda

/

/ Kamis, 07 Juli 2022 / 11.05 WIB

 


                                                      Wagub Sumut, Musa Rajekshah (Foto:P4/ist)

Medan, PILAREMPAT.com -- Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah (Ijek) menyatakan provinsi ini siap menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2024 bersama Aceh.

Namun terkait anggaran persiapan sarana yang masih nihil pada APBD 2022, Ijek tidak membantah, dia memberi alasan karena kemungkinan PON XX masih akan ditunda.

“Kemungkinan PON akan ditunda, karena di 2024 itu kan tahun politik,” ucap Wagub Sumut, Rabu (6/7/2022) usai menghadiri rapat paripurna DPRD Sumut.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sumut Ardan Noor saat rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi E DPRD mengeluhkan anggaran persiapan PON yang dikelola instansi itu nihil untuk tahun anggaran 2022. Sementara even tersebut hanya tinggal satu tahun setengah lagi waktunya.

Bahkan di hadapan wakil rakyat, Ardan mengaku kurang yakin jika dana yang cukup besar jumlahnya untuk penunjang suksesnya PON di Sumut bisa terakomodir dalam satu tahun anggaran yakni di 2023.

Sementara Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sumut, Ismael Parenus Sinaga membantah pernyataan Ardan Noor yang mengeluhkan tidak ada anggaran persiapan PON di 2022.

“Justru tahun ini Pemprov Sumut sedang membangun arena Bowling,” ujar Ismail.

Selain arena Bowling, kata Ismail Pemprov Sumut juga sedang membangun kawasan olahraga (Stadion Madya) dan wisma atlet di Siosar Kabupaten Karo dengan anggaran Rp35 miliar.

“Pembangunan itu kan menggunakan APBD Sumut tahun 2022,” ucapnya.

Pembangunan wisma atlet direncanakan dengan kapasitas 50 kamar dan menampung 100 atlet, 1 stadion olahraga berkapasitas 700 penonton serta 1 lapangan pertandingan yang dilengkapi dengan tartan. [P4]

Komentar Anda

Berita Terkini