Wakil Ketua DPRD Samosir Tanam Pohon Pucuk Merah di Hariara Pohan

/

/ Rabu, 08 Juni 2022 / 23.17 WIB

 

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Samosir, Pantas Marroha Sinaga bersama jajaran pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) saat melakukan penanaman pohon Pucuk Merah dan Mahoni di Objek Wisata Bukit Holbung Sipege.{P4/ist)

SAMOSIR-PILAREMPAT.COM | Wakil Ketua DPRD Kabupaten Samosir, Pantas Marroha Sinaga bersama jajaran pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan penanaman pohon Pucuk Merah dan Mahoni di Objek Wisata Bukit Holbung Sipege, Desa Hariara Pohan Harian Samosir.


Kegiatan tersebut mendapat sambutan hangat dari Kepala Desa (Kades) Hariara Pohan Viatur Sihotang,Tokoh Agama, Masyarakat, Rabu (8/6/2022).


Penanaman pohon yang bertujuan untuk membangun karakter seluruh jajaran PMI serta masyarakat di wilayah Hariara Pohan agar mempunyai kepedulian lingkungan dan menjaga agar tidak terjadi erosi atau bencana banjir.

Lebih lanjut disampaikan Pantas Marroha Sinaga, bahwa Pucuk Merah memang sangat digemari masyarakat karena memiliki warna yang unik. Karena kalau masih muda, daunnya akan berwarna merah, semakin lama akan berubah menjadi hijau. Perbedaan warna daun disebabkan adanya perbedaan kandungan pigmen pada daun, termasuk pigmen klorofil juga antosianin. Kombinasi 2 warna yang menjadikan tanaman ini terlihat indah jika dipandang.


Sementara bunganya merupakan bunga yang majemuk dengan tersusun dalam malai berkarang terbatas.

Disaat bunga mulai mekar, dari pucuk merah akan tampak kepala putik berwarna putih dengan tangkai putik yang berukuran lebih pendek jika dibanding benang sari dari bunganya. Letak putik tepat ditengah tangkai sari berwarna putih berukuran lebih panjang dan memiliki jumlah yang banyak, jelasnya.


“Berharap masyarakat peduli alam serta menjaga kelestarian lingkungan hidup terutama di daerah pegunungan seperti di bukit Holbung Sipege, kita akan memberikan ribuan bibit pohon pucuk merah, pohon mahoni kepada masyarakat desa Hariara Pohan dan Kenegerian sihotang. Hal ini merupakan rasa cinta kepada lingkungan guna menjaga kelestarian alam”, harap Pantas.


Sementara Kades bersama masyarakat Hariara Pohan sangat mengapresiasi atas kepedulian Pantas Marroha Sinaga Selaku Pimpinan DPRD Samosir juga sebagai ketua PMI yang peduli dan cinta akan Lingkungan Hidup. “Penanaman tersebut juga merupakan sejarah kepada masyarakat Kenegerian Sihotang,” ucapnya. (P4/MT)

Komentar Anda

Berita Terkini