Bupati Samosir Buka Kegiatan Digital Entrepreneuership Academy

/

/ Senin, 13 Juni 2022 / 02.52 WIB


                Kadis Kominfo Samosir Ricky SH. Rumapea, ST, M.Si saat membuka pelaksanaan Pelatihan.{P4/ist)

SAMOSIR-PILAREMPAT.COM | Bupati Samosir diwakili Kadis Kominfo, Ricky SH. Rumapea, ST, M.Si membuka secara resmi pelaksanaan kegiatan pelatihan Digital Entrepreneuership Academy (DEA) yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo melalaui Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan bekerjasama dengan Dinas Kominfo Samosir, Jumat (10/6/2022) di Aula Hotel Toledo Inn, Tuktuk Siadong, Simanindo Samosir.


Kegiatan tersebut sebagai wujud sinergitas Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir selama 2 (dua) tanggal 10-11 Juni 2022. Sebagai pesertanya diikuti 100 orang wirausahawan muda UMKM dengan Narasumber dari Kemenkominfo, BBPSDMP Medan, Kominfo Samosir serta Dinas Koperasi, Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan Samosir.


Kepala BBPSDMP Medan diwakili Frans Hendra Suryanta Sembiring, ST, M.SM menyampaikan bahwa pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) merupakan program dari Kementerian Komunikasi dan Informatika yang bertujuan menyiapkan Sumber Daya Manusia untuk mempercepat transformasi digital bidang kewirausahaan guna meningkatkan ekonomi digital.


Disamping itu, berharap para peserta pelatihan mampu menjadi pelopor untuk membangun dan berinternet sehat, dengan menggunakan media internet sebagai media belajar, berbisnis dan beribadah.


Bupati diwakili Kadis Kominfo Ricky SH. Rumapea, dalam sambutannya menyampaikan bahwa perkembangan teknologi informasi serta komunikasi mendorong pertumbuhan pengguna internet di Indonesia. Dimana menurut survei We Are Social (2021), jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 Juta orang atau 72.70% dari total populasi penduduk sebesar 274,9 Juta.


Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi, telah memunculkan berbagai macam lini bisnis di Indonesia, seperti perdagangan online (e-commerce), start up, fintech dan lainnya yang memanfaatkan teknologi informasi yang menawarkan kemudahan bertransaksi, mempercepat akses dan proses transaksi, memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan kenyamanan dalam bertransaksi bisnis.


Sebagai salah satu tujuan destinasi wisata super prioritas (DPSP), tentu Samosir harus mempersiapkan generasi muda berwirausaha yang terampil di era digital. Hal ini tidak hanya membutuhkan keterampilan penggunaan teknologi, ketersediaan modal, ataupun kreativitas saja, tetapi juga memerlukan mental, sikap dan perilaku yang mampu menunjukkan komitmen sebagai wirausaha yang kuat dan tangguh.


Oleh karena itu, Bupati mengapresiasi pelaksanaan pelatihan ini, dengan harapan dapat mempersiapkan generasi muda UMKM di Samosir yang melek teknologi untuk menghadapi persaingan pasar di era digital.


“Berharap peserta dapat memanfaatkan momentum dengan bertanya seluas-luasnya kepada narasumber, sehingga dapat memberikan positif bagi kemajuan UMKM dan kesejahteraan masyarakat Samosir”, ucapnya. (P4/MT

Komentar Anda

Berita Terkini