Simulasi Antisipasi Kecelakaan di Danau, Pemkab Samosir Mendapatkan Apresiasi dari Masyarakat

/

/ Kamis, 05 Mei 2022 / 08.04 WIB


SAMOSIR-PILAREMPAT.COM | Tampak menindak lanjuti Arahan Bupati Samosir Vandico T Gultom ST dan Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon SH. MH, agar dilakukannya simulasi pertolongan jika mana terjadi kecelakaan danau ,yang menyebabkan tenggelamnya penumpang.


Ini semua, diimplementasikan dalam simulasi mengenang tragedi KM. Sinar Bangun yang pernah tenggelam pada tahun 2018 , tepat dihari ketiga lebaran idul Fitri.


Polairud Polres Samosir Berkolaborasi Dengan BNPB (Badan Nasional Penanggulan Bencana) Pemkab Samosir yang dilakoni dalam simulasi oleh para petugas petugas terlatih dan handal.


Para petugas terlatih tersebut terdiri dari IPTU Hartono (Polairud) sebagai Nakhoda , Bripka A. Sipayung (Polairud), Prijen Situmorang (BNPB) sebagai Crew Jadiamat Marnaek Sitanggang (BNPB), Rayon EP. Silaban (BNPB), Rossi Sagala (BNPB), Nober Simbolon (BNPB) dan Gunawan Malau (BNPB).


Lokasi simulasi tepat dipertengahan danau toba didepan dermaga pelabuhan ambarita, disaksikan oleh masyarakat luas dan para pengunjung wisatawan yang datang kekabupaten Samosir, Senin (2/5/2022).


Ini dilakukan ,agar kejadian yang sama jangan pernah terulang lagi ,dikarenakan menyebabkan Ratusan jiwa korban meninggal dunia yang saat ini para korban masih berada didalam danau toba sendiri, dikarenakan tidak bisa dievakuasi.


Kejadian menyisakan luka dan duka nasional yang sangat mendalam bagi masyarakat indonesia, terkhususnya sumatera utara.


Karena hal tersebut sempat membuat wisata danau toba khususnya kabupaten samosir terpuruk karena tragedi duka tersebut.


Dikesempatan itu, Karendalops Kompol Lengkap Suherman Siregar SH mewakil Kapolres Samosir saat dikonfirmasi “Perintah ini menjalankan apa yang diarahkan Kapolres Samosir dan Bupati Samosir, agar masyarakat luas tau, kita Polres Samosir dan Pemkab Samosir sudah siap,dengan segala kemungkinan yang terjadi”.


menambahkan “Tekad kami pengabdian terbaik,bagi masyarakat demi majunya pariwisata Samosir. yang mana parawisata samosir ,sempat terpuruk karena tragedi dan masa pandemi covid-19 kemarin”. Pungkasnya. (P4/MT)

Komentar Anda

Berita Terkini