Kepala BBPJN Sumut Yang Baru Kunjungan Kerja ke Samosir, Bupati Samosir Sampaikan Usulan Kebutuhan

/

/ Jumat, 04 Maret 2022 / 12.28 WIB

 

SAMOSIR-PILAREMPAT.COM | Bupati Samosir Vandiko T Gultom menyambut kunjungan kerja Kepala BBPJN Sumut ke Samosir di Hotel Vantas Sialanguan, (2/3/2022),Pangururan.

Kunjungan kerja (Kunker) Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sumatera Utara (Sumut) Kementerian PUPR RI Ir. Brawijaya, S.E., M.Eng.I.E., MSCE., Ph. D didampingi beberapa Kepala Bidang dan Staff terkait percepatan aksesibilitas jalan nasional di Samosir.

Bupati Samosir langsung memimpin rapat koordinasi yang diawali dengan pemaparan kebutuhan jalan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangungan Hotraja Sitanggang, ST, MM dan dilanjutkan dengan diskusi bersama terkait usulan-usulan kebutuhan Kabupaten Samosir.

Hadir juga, Staf Ahli Bupati Bidang Tata Kelola Pemerintahan dan SDM Rudi SM Siahaan, Staf Ahli Bupati Bidang Sosial, Ekonomi dan Pembangunan Hut Isasar Simbolon, Kepala Bappeda  Rajoki Simarmata, Plt Kadis PUTR Hartono, Plt Kadis Kominfo Ricky SH Rumapea, dan beberapa staff terkait.

Bupati Samosir menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas perhatian BBPJN Sumut di Samosir.

“Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir akan berkomunikasi kepada masyarakat terkait hal pembebasan lahan agar tidak menjadi kendala dalam progres pembangunan,” sebut Bupati.

Mengingat Samosir sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), Vandiko berharap bantuan pembangunan akses jalan menuju Desa Wisata yang ada di Samosir serta jalan By Pass di Pangururan yang juga sebagai ‘Ibukota’ Samosir mengingat seringnya terjadi kemacetan pada saat hari libur.

“Saat ini juga Samosir melakukan pembukaan jalan-jalan desa dan akses jalan di pesisir pantai, salah satunya Pantai Long Beach sepanjang 22 kilometer. Kegiatan pembukaan dan sirtunisasi jalan ini dilakukan dengan swakelola Dinas PUTR Samosir dengan syarat lebar jalan 6 sampai 10 meter dengan tidak menuntut ganti rugi,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Balai BBPJN Sumut Brawijaya mengatakan akan mendukung dan memberikan perhatian penuh atas program kebutuhan Samosir yang juga sebagai kawasan prioritas dengan berbagai tahap, diharapkan Pemkab tetap bersinergi untuk memperlancar proses pembangunan, salah satunya seperti masalah pembebasan lahan.

Beliau juga mengharapkan komunikasi yang baik antara Pemkab dan BBPJN Sumut dalam pengusulan kegiatan dan tahap pelaksanaan kegiatan akan berjalan dengan baik.

Masih dalam acara tersebut, Bupati memberikan cinderamata berupa ulos dan oleh-oleh khas Samosir kepada Brawijaya dan rombongan.

Kunjungan kerja ini merupakan kunjungan pertama ke Samosir setelah beliau dilantik pada 4 januari 2022 yang lalu. Rapat koordinasi ini merupakan bentuk sinergitas antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan daerah dalam mendukung aksesibilitas di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba di Kabupaten Samosir melalui anggaran Kementerian PUPR. (P4/MT)

Komentar Anda

Berita Terkini