DPRD Samosir, Hadiri Musrenbang Kecamatan Sianjur Mula-Mula

/

/ Jumat, 11 Februari 2022 / 00.45 WIB




SAMOSIR-PILAREMPAT.COM | Anggota DPRD Kabupaten Samosir yakni Jonni Sagala dari Fraksi Golkar dan Pantas Limbong dari Fraksi Nasdem menghadiri Musyawarah perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kec Sianjur mulamula.


Jonni Sagala didampingi Pantas Limbong menyampaikan Musrenbang berjalan dengan baik dan lancar serta dilaksanakan dengan protokol kesehatan (Prokes).

Musrenbang untuk menampung usulan atau aspirasi dari masyarakat khususnya Sianjur, ucap Jonni Sagala, Selasa (8/2/2022), Samosir.


Musrenbang dibuka secara resmi oleh Bupati diwakili oleh Sekdakab Samosir Drs. Jabiat Sagala, M.Hum didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Daerah.

 

Acara dihadiri anggota DPRD Samosir, Staf Ahli Bupati Samosir, para Pimpinan SKPD, Camat Sianjur Mula-mula, unsur Forkopimca, Kepala Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Kepala Sekolah, Kepala Puskesmas.


Camat Sianjur Mulamula Sihar Limbong dalam laporanya mengatakan bahwa usulan dan komitmen bersama sesuai dengan kebutuhan desa sebagaimana dituangkan dalam RPJMDes yang disusun berdasarkan skala prioritas melalui musrenbang desa yang dilaksanakan pada tanggal 17 hingga 27 Januari dengan hasil 109 usulan kegiatan dari 12 Desa, segala usulan disandingkan dengan Visi Misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tahun 2021-2026 yakni “Terwujudnya Masyarakat Samosir yang Sejahtera dan Bermartabat, secara Ekonomi, Kesehatan dan Pendidikan”.


Sementara, Sekdakab menyampaikan bahwa Musrenbang Kecamatan merupakan sarana untuk menjaring aspirasi masyarakat dalam pencapaian pembangunan yang Berkualitas, Efektif, Efisien, Transparan, dan Akuntabel.


“RKPD Samosir Tahun 2023 mengambil tema, Percepatan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat M

melalui Perekonomian, Kesehatan dan Pendidikan, oleh karena itu penyusunan RKPD tahun 2023 harus lebih cermat dan integratif dengan metode Bottom UP dimana perencanaan dimulai dari tingkat bawah ke atas untuk mempercepat pemulihan perekonomian demi kesejahteraan masyarakat di Samosir,” tutur Jabiat.


Selain itu, Sekda menegaskan agar para Kepala Desa dapat mensinergikan dan menselaraskan Anggaran Dana Desa (ADD) dengan program-program prioritas pembangunan.


“Infrastruktur fisik memang sangat penting, akan tetapi sektor-sektor lain juga harus diprioritaskan, Kepala Desa (Kepdes) dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) harus kreatif dalam menyusun perencanaan pembangunan desa untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tegasnya.


Kemudian, Sekda menyampaikan 4 (empat) skala prioritas pembangunan Kabupaten Samosir dalam Ranwal RKPD Tahun 2023 sebagai berikut; (1) Pencegahan dan Penanganan Bencana Alam dan Non Alam, (2) Kelestarian Budaya dan Pembangunan Pariwisata berkelanjutan, (3) Peningkatan Aksesibilitas dan Kualitas Infrastruktur, (4) Percepatan Reformasi Birokrasi dan Peningkatan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). (P4/MT).

Komentar Anda

Berita Terkini