DPRD Samosir Apresiasi Musrenbang Tingkat Kecamatan Onan Runggu.

/

/ Kamis, 17 Februari 2022 / 02.35 WIB

 


DPRD Samosir Sampaikan Apresiasi Musrenbang Kecamatan Onan Runggu

SAMOSIR-PILAREMPAT.COMMusrenbang yang diadakan di Aula Kantor Camat Onan Runggu, Selasa (15/2/2022) yang di hadiri Bupati Samosir diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakap) Jabiat Sagala, anggota DPRD Risma Simarmata, Pimpinan SKPD, Camat, Kepala Desa (Kades), BPD, dan undangan lainnya.

Risma Simarmata anggota DPRD dari Fraksi PDI P memberikan apresiasi atas terlaksananya Musrenbang Kec Onan Runggu yang berjalan dengan baik dan sukses.

Berharap Musrenbang bermanfaat untuk pembangunan, kesejahteraan dan kemajuan masyarakat dengan mensinkronkan usulan prioritas pembangunan desa, fungkasnya.

Musrenbang dibuka secara resmi oleh Bupati Samosir diwakili Sekdakab Jabiat Sagala dengan menyampaikan 10 program usulan pembangunan Samosir.

Sementara, Camat Onan Runggu Agus Bonar P. Gultom, S.Sos menyampaikan bahwa semua usulan dan komitmen bersama merupakan hasil musrenbang desa yang telah sesuai dengan kebutuhan sebagaimana dituangkan dalam RPJMDes dan telah disusun berdasarkan skala prioritas dengan hasil 85 usulan dari 12 Desa dominan pada pembangunan infrastruktur, peningkatan ekonomi pada sektor Pertanian dan Pariwisata di mana segala usulan yang disampaikan telah disandingkan dengan Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir Tahun 2021-2026 yakni “Terwujudnya Masyarakat Samosir yang Sejahtera dan Bermartabat, secara Ekonomi, Kesehatan dan pembangunan.

Sekdakab Jabiat Sagala, menambahkan, bahwa Musrenbang Kecamatan merupakan sarana untuk menjaring aspirasi masyarakat dalam pencapaian pembangunan yang Berkualitas, Efektif, Efisien, Transparan, dan Akuntabel. “RKPD Samosir Tahun 2023 mengambil tema, Percepatan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Perekonomian, Kesehatan dan Pendidikan, oleh karena itu penyusunan RKPD tahun 2023 harus lebih cermat dan integratif dengan metode Bottom Up dimana perencanaan dimulai dari tingkat bawah ke atas untuk mempercepat pemulihan perekonomian demi kesejahteraan masyarakat”, ucapnya.

Sekda juga menegaskan agar para Kepala Desa dapat mensinergikan dan menselaraskan Anggaran Dana Desa (DD) dengan program-program prioritas Kabupaten.

“Infrastruktur fisik memang sangat penting, akan tetapi sektor-sektor lain juga harus diprioritaskan, kepala desa dan badan permusyawaratan desa harus kreatif dalam menyusun perencanaan pembangunan desa untuk peningkatan kesejahteraan”, urainnya.

Musrenbang Kecamatan Onan Runggu, dilaksanakan dialog interaktif yang dipandu oleh Camat dengan beberapa usulan antara lain Pembangunan gorong-gorong, Pemagaran sekolah, Pembangunan drainase jalan, Peningkatan jalan, Pembangunan kantor Kades, Pembangunan embung, dermaga, jembatan, pengadaan pupuk, bibit, ternak dan alat pertanian, pengembangan UMKM serta penataan objek wisata. Musrenbang diakhiri dengan penyerahan berita acara dari Camat Onan Runggu kepada Bappeda Litbang ditandatangani oleh seluruh Kades untuk dilanjutkan pada Musrenbang Kabupaten Samosir Tahun 2022. (P4/MT).

Komentar Anda

Berita Terkini