BI : Transaksi QR Cross Border Antar Negara Dukung Integritas Keuangan Asean

/

/ Selasa, 15 Februari 2022 / 21.58 WIB


JAKARTA | PILAREMPAT.COM - Deputi Gubernur Bank Indonesia, Doni P Joewono menyampaikan Indonesia memiliki inisiatif untuk memperluas layanan QR Code Indonesian Strandard (QRIS) yang menghubungkan pembayaran antar negara (Cross-border QR) melalui interkoneksi kode QR nasional dengan negara tetangga. 

Hal ini juga menandai pencapaian tonggak penting dalam inisiatif Konektivitas Pembayaran ASEAN, yang bertujuan untuk mempromosikan integrasi keuangan di kawasan ASEAN. 

"QR Cross-border berperan penting dalam meningkatkan efisiensi transaksi, mendukung digitalisasi perdagangan dan investasi dan menjaga stabilitas makroekonomi dengan memperluas penggunaan penyelesaian transaksi menggunakan mata uang lokal (LCS), " kata Dony, saat di sesi pertama seminar bertajuk The Role and Impact of Payment Digitalization in Achieving a Truly Inclusive Development, Selasa (15/02/2022).

Kegiatan yang digelar secara livestreaming dan merupakan bagian dari hari kedua rangkaian side event Pertemuan Tingkat Deputi Kementrian Keuangan dan Bank Sentral (Finance and Central Bank Deputies Meeting/FCBD) dan pertemuan pertama tingkat Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral (Finance Ministers and Central Bank Governors Meetings/FMCBG) Presidensi G20 yang berlangsung mulai 14 -19 Februari 2022 di Jakarta tersebut. 

Doni P Joewono juga menjelaskan Bank Indonesia, Bank Negara Malaysia dan Bank of Thailand (BOT) telah melakukan ujicoba QR Cross-border yang memungkinkan konsumen dan pedagang di kedua negara dapat melakukan dan menerima pembayaran barang dan jasa melalui QR Code secara instan. [P4/sya/ril]

Komentar Anda

Berita Terkini