-->

Pemko Medan Berharap LPM Berperan Aktif Mewujudkan Program Prioritas Kota Medan di tengah Masyarakat

/

/ Rabu, 17 November 2021 / 15.09 WIB

 


MEDAN--PILAREMPAT.COM |
Pemko Medan berharap Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Medan dapat berkolaborasi guna meningkatkan prakarsa dan swadaya masyarakat dalam menjalankan program pembangunan secara partisipatif. Artinya LPM kedepannya semakin memberikan pelayanan dan pemberdayaan kepada masyarakat khususnya dalam menampung aspirasi masyarakat  di bidang pembangunan.

Demikian hal ini disampaikan Wali Kota Medan, Bobby Nasution diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan, Muhammad Sofyan ketika menghadiri Pelantikan DPD Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kota Medan masa Bakti 2021-2026 di Hotel Grand Inna, Selasa (16/11/2021). 

Hadir dalam pelantikan DPD LPM, Kadis P3APM, Edliaty, Kadis Perdagangan Damikrot, Kadispora Pulungan Harahap, Ketua LPM Sumut Hasnan Said dan segenap Camat dan Organisasi Kemasyarakatan.

Dikatakan Aspem dalam membacakan sambutan Wali Kota Medan, bahwa LPM dibentuk atas prakarsa  masyarakat sebagai mitra pemerintah dalam menampung dan mewujudkan aspirasi masyarakat. Tentunya partisipasi masyarakat yang akan dikembangkan melalui LPM ini mencakup aktifitas dalam merencanakan dan mengawasi pelaksanaan pembangunan, terutama di tingkat kelurahan.

"Pak Wali Kota berpesan agar lembaga ini dapat menyahuti dan menampung seluruh aspirasi  di tengah-tengah masyarakat terutama lima program prioritas Kota Medan guna mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat," Jelas Sofyan.

Menurut Sofyan, LPM juga memiliki tugas dalam menyusun rencana pembangunan yang partisipatif. Kemudian menggerakkan swadaya gotong royong masyarakat serta melaksanakan dan mengendalikan pembangunan.

"Kepada seluruh pengurus baru agar Pemko Medan meminta segera menjalankan fungsinya sebagai penampung dan penyalur aspirasi masyarakat dalam pembangunan. Selain itu tumbuhkembangkan sekaligus menggerakkan prakarsa, partisipasi dan swadaya gotong royong masyarakat," Ujarnya.

Terakhir Sofyan mengucapkan selamat atas dilantiknya Pengurus DPD LPM Kota Medan dan selamat menjalankan tugas dan tanggung jawab di tengah masyarakat. "Atas nama Pemko Medan saya mengucapkan selamat kepada DPD LPM Kota Medan yang telah dilantik Mari kita bersama memberdayakan masyarakat kota Medan  menjadikan masyarakat yang mandiri, berinovasi dan berkreativitas dengan LPM sebagai penggeraknya," Ucap Sofyan.

Pengurus DPD LPM Kota Medan dilantik langsung oleh Ketua DPD LPM Sumut,  Drs H Hasnan Said . Selain penyerahan bendera pataka, pelantikan juga ditandai dengan penyerahan SK Pelantikan kepada Muhammad Hery Bolon selaku Ketua DPD LPM Kota Medan periode 2021-2026 didampingi Sekretaris dan Bendahara.

Usai dilantik, Hery Bolon mengungkapkan bahwa kepengurusan DPD LPM Kota Medan siap mendukung program Pemko Medan termasuk program prioritas yang ditetapkan Wali Kota Medan. Artinya sebagai mitra Pemko Medan LPM harus berperan aktif mulai dari tingkat paling bawah yakni lingkungan, Kelurahan, Kecamatan maupun Kota dalam menampung aspirasi masyarakat untuk pembangunan Kota Medan.

"Target kami kedepannya adalah menjadikan LPM lebih dikenal masyarakat karena lembaga ini merupakan suatu motor penggerak untuk menjembatani masyarakat dengan Pemerintah. Apalagi di masa Pandemi Covid-19 ini kita dihadapkan dengan persoalan di tengah masyarakat, sehingga kami akan turun langsung ke masyarakat," Jelasnya.

Sebelum Pelantikan ini, Hery menambahkan pihaknya telah menggelar vaksinasi dalam rangka membantu program Pemko Medan dalam rangka menurunkan level 2 menjadi level 1, agar Medan bisa bebas dari wabah covid-19 sesuai dengan jargon Pemko Medan, Medan Tangguh Melawan Covid-19. [P4]
Komentar Anda

Berita Terkini