-->

Kabupaten Blora Pelajari System E-Parking Yang di Terapkan Pemko Medan

/

/ Kamis, 18 November 2021 / 14.39 WIB

 


 


MEDAN--PILAREMPAT.COM | Kabupaten Blora sangat tertarik untuk mempelajari system E-Parking yang saat ini diterapkan Pemko Medan. Sebab menurutnya system E-Parking ini sangat membantu dalam mencegah terjadinya kebocoran PAD dari sektor parkir.

Hal ini terungkap ketika Wali Kota Medan, Bobby Nasution menerima kunjungan dari Wakil Bupati Blora, Tri Wuli Setyowati di Kantor Wali Kota Medan, Rabu (17/11/2021).

Mengawali pertemuan tersebut, Bobby Nasution mengucapkan selamat datang kepada Wakil Bupati Blora beserta rombongan di kota Medan. Selanjutnya Bobby Nasution menjelaskan dasar dari e-parking diterapkan di Kota Medan karena melihat persoalan yang ada di kota Medan, dimana retribusi dari sektor parkir sering mengalami kebocoran dan tarif parkir yang tidak menentu sehingga meresahkan masyarakat. 

Oleh sebab itulah untuk mencegah hal tersebut terus terjadi, Pemko Medan menerapkan e-parking ini sehingga memudahkan Pemko Medan dalam menentukan jumlah pendapatan dari sektor parkir.

"Selama penerapan e-parking ini pendapatan kota Medan dari sektor parkir meningkat hingga 155%."kata Bobby Nasution.

Dalam system pembayaranya, Bobby Nasution menjelaskan Pemko Medan menggunakan pembayaran non-tunai dengan skema pembayaran menggunakan QRIS dan e-money.

"Cara pembayaran parkir menggunakan non tunai dengan menggunakan QRIS, meskipun begitu kami menyadari masih ada kendala dimana masyarakat masih belum terbiasa dengan sistem QRIS tersebut, karena itu kami menambah skema pembayaran dengan menggunakan e-money."jelasnya.

Tidak hanya terkait dengan e-parking saja, dalam pertemuan ini juga dibahas mengenai pengembangan UMKM di Kota Medan.

Bobby Nasution menjelaskan saat ini pelaku UMKM di Kota Medan didorong untuk memanfaatkan digitalisasi. Salah satunya dengan mendaftarkan pelaku UMKM ke e-katalok lokal Pemko Medan sehingga makan dan minum di Pemko Medan dapat menggunakan produk dari UMKM.

"Dengan begitu produk yang dihasilkan oleh pelaku UMKM kita dapat kami serap dan kami juga memberikan bantuan sebesar 2.5 juta untuk pelaku UMKM yang sudah terdaftar kedalam e-katalog lokal Pemko Medan."sebut Bobby Nasution.

Selain itu juga Bobby Nasution juga menciptakan program sakansawira (satu kelurahan satu sentra kewirausahaan) dan berkerjasama dengan supermarket dan perhotelan agar menggunakan produk dari UMKM.

Sementara itu Wakil Bupati Blora, Tri Wuli Setyowati menjelaskan sangat tertarik dengan penerapan e-parking di kota Medan sehingga dirinya berkeinginan untuk menerapkan sistem e-parking ini di Kab. Blora.

"Kami sudah meninjau langsung ke lapangan, dan saya kira sangat baik untuk kami terapkan."kata Tri Wuli Setyowati. [P4/sya]

Komentar Anda

Berita Terkini