IAIN Negeri Lhokseumawe Gelar Wisuda ke V

/

/ Kamis, 28 Oktober 2021 / 23.18 WIB

 

LHOKSEUMAWE –PILAREMPAT.COM | Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe  menyelenggarakan Sidang Senat Terbuka dalam rangka Wisuda ke V, Kamis (28/10/2021) yang berlangsung di kampus IAIN setempat.

Wisuda ke V ini tersebut meliputi  Program Pascasarjana (S2) dan Strata Satu (S1) dengan jumlah lulusan nencapai 600 orang lebih.

Kegiatan wisuda yang diselenggarakan IAIN bertepatan dengan peringatan hari sumpah pemuda Kamis, 28 Oktober 2021. 

Mengingat masih mewabahnya Virus Covid-19, wisuda diselenggarakan sebanyak dua sesi dan dijalankan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Sesi pertama terdiri dari wisudawan/i  dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah

(FUAD) dan Pascasarjana dengan jumlah 302 orang. Sedangkan pada sesi kedua terdiri dari wisudawan/i dari Fakultas Syariah (FASYA) dan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) dengan jumlah 297 orang. Total wisudawan/i pada Wisuda ke V IAIN Lhokseumawe pada tahun 2021 adalah 599 orang.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Lhokseumawe Dr. Tgk. H. Danial, S.Ag., M.Ag. memaparkan bahwa IAIN Lhokseumawe saat ini berdiri megah dan gagah di wilayah 2 Kerajaan Samudera Pasai di atas bentangan tanah seluas 33 ha. Hal ini melukiskan kebahagiaan dimana tingginya perhatian pemimpin Kerajaan Samudera Pasai dibawah kepemimpinan Sultan Malikussaleh saat itu.

 Samudera Pasai merupakan kerajaan Islam yang mengkolaborasikan antara pembangunan ruhaniah (spiritual, emosional dan intelektual) manusia dan keberhasilan dalam pembangunan jasmaniah (material) umat.

Lanjut rektor, Seluruh khasanah Kerajaan Malikussaleh ini berikut segenap nilai yang diajarkannya diharapkan dapat diinternalisasikan dalam

kesadaran kolektif sivitas akademika IAIN Lhokseumawe untuk dimanifestasikan dalam pembangunan dan pengembangan kampus tercinta ini di masa depan.

Tgk. Danial memaparkan IAIN Lhokseumawe saat ini tidak hanya memiliki aset berupa gedung-gedung yang berdiri megah tetapi juga memiliki aset Sumber

Daya Manusia (SDM) yang masih muda, energik dan berpengalaman dengan pengalaman kerja paling sedikit 10 tahun.

Diantara SDM tersebut terdapat 56 dosen bergelar doktor, yang berasal dari lulusan dalam dan luar negeri di berbagai universitas yang tersebar di 5 benua dengan latar belakang suku/ras. IAIN

Lhokseumawe saat ini memiliki 22 jurusan/prodi, dimana akreditasi di tingkat institusi terakreditasi Baik Sekali, 9% Jurusan terakreditasi A, 64% terakreditasi Baik  Sekali dan 27% terakreditasi Baik. Jika semua potensi dan khazanah yang sangat berharga ini terintegrasi dan bersinergi tentu akan melahirkan kekuatan dahsyat  untuk membangun institusi tercinta ini melalui visi dan misi sebagai kampus peradaban.

Dalam wisuda kali ini, IAIN Lhokseumawe turut mengundang Prof. H. Yusni Saby, MA.,Ph.D. (Guru Besar UIN Ar-Raniry, Banda Aceh) dan Hasan Basri Sagala (Tenaga Ahli Bid. Administrasi dan Good Government serta Hubungan Antar Lembaga. (P.4/mzky).

Komentar Anda

Berita Terkini