-->

DPRD Medan: Meski Masuk Level 2, Warga Kota Medan Diimbau Tetap Patuhi Prokes

/

/ Rabu, 06 Oktober 2021 / 11.51 WIB

 



MEDAN--PILAREMPAT.COM Masyarakat, khususnya di Kota Medan, tak bosan-bosannya dihimbau untuk tidak lengah dan tetap terus menerapkan protokol kesehatan (prokes), meskipun Kota Medan saat ini telah masuk dalam Level 2 PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat).

Kali ini himbauan tersebut kembali disampaikan Ketua DPRD Medan, Hasyim, SE, kepada wartawan, di ruang kerjanya, ketika diminta tanggapannya terkait dengan diberlakukannya PPKM Level 2 di Kota Medan, Selasa (5/10/2021)

"Tentunya kita himbau masyarakat tidak lalai terapkan prokes meskipun Kota Medan saat ini PPKM Level 2, sehingga tidak terjadi lagi lonjakan kasus positif Covid-19," ujar Hasyim.

Sebab, imbuh Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Medan itu, terjadinya lonjakan kasus Covid-19 di Kota Medan akibat dari kelalaian kita yang tidak mengikuti protokol kesehatan, sehingga terjadi penularan dengan cepat.

Hasyim menegaskan, saat ini dalam menjalankan protokol kesehatan tidak hanya fokus kepada pakai masker, cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer saja dalam menjalankan adaptasi kebiasaan baru.

"Namun yang tak kalah pentingnya adalah mengurangi mobilitas yang tidak perlu, serta membatasi kegiatan di luar rumah. Sebaiknya jangan keluar rumah kalau tak perlu kali. Lebih baik kita di rumah saja," ujar Hasyim.

Apalagi, imbuh Hasyim, pekerjaan-pekerjaan yang selama ini kita kerjakan di kantor, bisa juga kita kerjakan dari rumah. "Apalagi sekarang ini zaman udah canggih. Kita bisa manfaatkan teknologi seperti android dalam bekerja," ungkap Hasyim.

Hasyim mengakui belakangan ini masyarakat mulai lengah dalam menerapkan protokol kesehatan. Belakangan ini aktifitas dan mobilitas masyarakat di luaran mulai meningkat. 

"Bisa jadi hal ini karena masyarakat menganggap sudah aman karena Kota Medan sudah PPKM Level 2, sehingga mulai mengabaikan prokes dengan melakukan peningkatan aktifitas dan mobilitas," ujar Hasyim.

Untuk itu Hasyim kembali mengingatkan masyarakat agar selalu menerapkan prokes. Kita harus tetap hati-hati dan waspada agar tak terjadi lagi lonjakan kasus Covid-19, sehingga Kota Medan tak kembali lagi pada PPKM Level 4. 

"Cara paling efektif untuk menghindari lonjakan kasus Covid-19 adalah dengan selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Dan juga percepatan vaksinasi secara menyeluruh sehingga tercipta herd community (kekebalan kelompok)" tegas Hasyim.

Terpisah, himbauan yang sama juga disampaikan Wakil Ketua DPRD Medan, H. Rajuddin Sagala, S.Pd.I. Pihaknya mengajak masyarakat bersama-sama untuk tetap mengantisipasi virus yang mematikan tersebut agar tak terjadi lagi penularannya.

"Jangan karena sudah Level 2, kita jadi remeh dan mengabaikan prokes. Karena bisa jadi nanti melonjak lagi kasusnya, dan Kota Medan kembali ke zona merah atau Level 4, seperti yang terjadi di beberapa kabupaten/kota di Indonesia," ujar Rajuddin kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (5/10/21).

Malah sebaiknya, lanjut Penasehat Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu, kita berharap Kota Medan turun statusnya ke Level 1 atau zoma hijau, sehingga kehidupan kita betul-betul normal kembali dalam beraktifitas sehari-hari.

"Untuk mencapai itu, tentu kita semua tetap harus menjaga prokes. Ketika masyarakat menjaga prokes dengan baik, maka harapan kita supaya kembali zona hijau itu bisa segera terwujud, sehingga anak-anak bisa sekolah, kemudian aktivitas cari nafkah pun bisa leluasa. Yang bekerja pun sudah bisa dengan tenang tanpa ada dirazia," tegas Rajuddin.

Diketahui, dalam instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 48 Tahun 2021 tertanggal 4 Oktober 2021 tentang PPKM kepada seluruh daerah di Indonesia, disebutkan bahwa Kota Medan sudah berada di PPKM Level 2. [P4]

Komentar Anda

Berita Terkini