Memperingati HAORNAS Tanggal 9 September Tahun 2021: ‘Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Maju’

/

/ Kamis, 09 September 2021 / 12.13 WIB

                        


                    Menpora RI,Zainudin Amali, Peringatan Haornas 2021.(foto:egan/kemenpora.go.id)

                                      

PILAREMPAT.COM  | Tahun 2021 ini, tema Hari Olahraga Nasional  (HAORNAS) adalah:  ” Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Maju”.

Menurut Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali, Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) akan diluncurkan saat peringatan Haornas 9 September 2021 oleh Presiden Jokowi.

Sejarah Hari Olahraga Nasional 2021

Haornas 2021 diperingati untuk meningkatkan rasa sportivitas di tanah air. Peringatan Haornas bermula dari penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) I pada 9 – 12 September 1948 di kota Solo Jawa Tengah. Tanggal 9 September 1948 menjadi pembukaan ajang Olahraga tersebut dan ditetapkan pula untuk setiap tahunnya sebagai Hari Olahraga Nasional.

Pekan Olahraga Nasional (PON) I digelar karena pada tahun 1948 atlit – atlit Indonesia tidak bisa mengikuti kompetisi Olahraga dunia Olimpiade XIV tahun 1948 di London, Inggris.

Pekan Olahraga Nasional (PON) I digelar karena pada tahun 1948 atlit – atlit Indonesia tidak bisa mengikuti kompetisi Olahraga dunia Olimpiade XIV tahun 1948 di London, Inggris.

Hal ini disebabkan pada saat itu kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia belum diakui oleh dunia serta paspor Indonesia juga tidak diakui oleh pemerintah. Inggris.

Penolakan tersebut memicu semangat Persatuan Olahraga Indonesia (PORI) memutuskan untuk menyelenggarakan kompetisi dalam negeri yang diberi nama Pekan Olahraga Nasional.

Menurut Menpora, Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) semua hal akan dipersiapkan. mulai dari target, sasaran, hingga sarana dan prasarananya. Menpora ingin prestasi olahraga yang di dapat tidak lagi by accident, melainkan membuat dan merancang prestasi.

Paradigma Indonesia dalam DBON ini juga sudah jauh menatap kedepan, bukan hanya mengejar prestasi pada level SEA Games maupun ASEAN Games, tetapi sudah berorientasi pada Olimpiade maupun Paralimpiade. Dengan begitu ajang – ajang regional hanya menjadi sasaran antara.

Dalam DBON juga ditegaskan terdapat 14 cabang olahraga prioritas yang ditargetkan untuk bisa meraih medali – medali di level Olimpiade ataupun Paralimpiade. Kerangka pembinaanya pun mengacu pada DBON, Menpora memastikan bahwa DBON ini menjadi pondasi olahraga Indonesia ungkap Amali.

Penyelenggaraan PON XX atau PON Papua 2021 akan berlangsung sebentar lagi yakni tanggal 2 – 15 Oktober 2021, diikuti oleh 6.442 atlit dengan 37 cabang olahraga (Cabor). Mudah-mudahan PON XX ini adalah salah satu sasaran antara untuk meraih medali di ajang bergengsi dunia seperti ungkapan Menpora Zainudin Amali. [P4/kemenpora.go.id]


Komentar Anda

Berita Terkini