-->

Digelar 4 Hari, KKSU-2021 Diharapkan Mampu Dorong Pertumbuhan Ekonomi di Sumut

/

/ Minggu, 19 September 2021 / 23.25 WIB

 



MEDAN-PILAREMPAT.COM | Untuk mendorong pertumbuhan perekonomian Sumatera Utara (Sumut) ke arah yang lebih baik melalui UMKM, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumut menggelar event Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) 2021. Kegiatan secara virtual ini mengusung tema Bersinergi Membangun Negeri, UMKM Kuat, Ekonomi Maju, Indonesia Tangguh.

“KKSU 2021 kita harapkan ikut mendorong pertumbuhan perekonomian Sumatera Utara ke arah yang lebih baik. Yakni melalui peningkatan kinerja UMKM,” kata Soekowardojo, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Sumut saat pembukaan KKSU 2021, Jumat (17/9/2021).

Soekowardojo mengatakan (KKSU) tahun ini merupakan kedua kali, pertama kali gelaran sukses di tahun 2020. Katanya KKSU 2021 sebagai upaya untuk terus mengakselerasi pemulihan ekonomi khususnya di wilayah Sumut dengan  mendorong kebangkitan UMKM di masa pandemi covid-19.

“Terutama bagi pelaku usaha konvensional maupun pelaku usaha syariah. Upaya adaptasi pelaku usaha menuju kehidupan normal baru, serta mendorong UMKM dalam memanfaatkan peluang untuk bertransformasi dan berinovasi di era digital,” terang Soeko.

KKSU secara virtual  berlangsung selama 4 hari, mulai Kamis (16/9/2021) hingga Minggu (19/9/2021). Yakni dengan dengan dua agenda utama, yaitu Forum KKSU dan KKSU Fair.

“Tujuan menyelenggarakan KKSU 2021 ini adalah untuk meningkatkan edukasi, literasi, awareness, dan sinergi dalam mendukung program pengembangan UMKM. Serta sebagai ajang promosi produk, mendorong digitalisasi UMKM, perluasan akses pasar dan akses pembiayaan UMKM menuju pemulihan ekonomi secara berkelanjutan,” jelas dia.

Akselerasi Kebangkitan UMKM

Dalam memanfaatkan momentum tersebut, BI bersama stakeholder terkait terus berupaya mengakselerasi kebangkitan UMKM. Guna memanfaatkan peluang untuk bertransformasi dan berinovasi di era digital. Kemudian mendorong transformasi UMKM di bidang digitalisasi baik dari sisi produksi, pemasaran, pembiayaan, maupun pembayaran. Selain itu, mengarahkan pengembangan UMKM pada integrasi platform digital dengan interaksi merchant-platformconsumer.

“Momentum pertumbuhan ekonomi Sumut pendorongnya berbagai sumber pertumbuhan ekonomi terutama ekspor, konsumsi, belanja pemerintah dan investasi serta dari berbagai lapangan usaha,” ungkapnya.

Disebut Soekowardojo, KKSU 2021 terselenggara dalam rangka Road to Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021, sekaligus turut menyemarakkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia Aja, dan event lanjutan Beli Kreatif Danau Toba (BKDT) yang telah berlangsung pada bulan Februari 2021. Juga beberapa flagship event Bank Indonesia tahun 2021, seperti Festival Ekonomi dan Keuangan Digital (FEKDI), program QRIS 12 Juta Merchant dan Indonesia Sharia Economy Festival (ISEF).

Event tahunan untuk mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) khususnya yang tersebar di berbagai daerah Sumatera Utara biar terus berinovasi menghasilkan #produklokal yang berkualitas.

Event ini sekaligus dalam rangka Road to Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021, juga turut menyemarakkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI), Gerakan Nasional Bangga Berwisata #diIndonesiaAja# (BWI), dan Beli Kreatif Danau Toba (BKDT) 2021.

Sebagai Rangkaian KegiatanKegiatan Karya Kreatif Sumatera Utara 2021 yang diselengarakan oleh KPw BI Prov. Sumatera Utara bersama dengan KPw BI Pematang Siantar dan KPw BI Sibolga, dilaksanakan juga Forum KKSU 2021 pada hari keempat, Minggu 19 September 2021. [P4/sya]

Tas Wanita 100% Kulit Asli Alona Freya




Komentar Anda

Berita Terkini