Edy Rahmayadi Sampaikan Maaf Terkait PPDB Sumut: Tak Boleh Satupun Petugas Bermain di PPDB

/

/ Kamis, 24 Juni 2021 / 14.58 WIB

 

MEDAN, PILAREMPAT.com |  Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi turut menyatakan permintaan maafnya kepada para orang tua siswa dan masyarakat atas carut marutnya pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Sumatera Utara (Sumut) pada tahun ini.

Untuk hal ini, katanya, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) memastikan akan mengevaluasi pelaksanaan PPDB  di Sumut yang menimbulkan sejumlah persoalan.

"Sudah pasti ada evaluasi. Jadi memang setiap tahun, dan bukan hanya di Sumut. Untuk itu saya minta maaf kepada masyarakat semuanya," ujar Edy,di rumah dinas Jalan Sudirman Medan, Selasa (22/6/2021).

Evaluasi yang dilakukan, kata Edy, yakni berkaitan dengan server dan  IT. Pihaknya berjanji akan terus berupaya memperbaiki sistem online PPDB di Sumut.

"Ini kita evaluasi, masalah server, masalah IT ini yang perlu semua orang memahami tentang itu. Kalau ini menjadi persoalan. Ke depan ini akan kita perbaiki, terlebih ini kan kepala dinasnya juga baru," ujarnya.

Edy Rahmayadi pun menjamin bahwa pelaksanaan PPDB tingkat SMA/SMK di Sumut tahun ini dilakukan secara objektif.

Ia juga menegaskan, tidak boleh ada satu orang pun petugas atau oknum yang bermain dalam PPDB tersebut.

"Yang paling ribet itu kalo anak kita tak lulus. Kalau ini pun selesai (permasalaha server dan IT), ada yang tak lulus ribet juga dia nantinya. Tetapi dia harus objektif, sekolah ini harus objektif. Tak ada main main di situ. Ada memindah mindahkan segala macam, tak ada lagi. Untuk itu koreksi ada kesalahan di petugas ini yang harus kita koreksi, kita perbaiki," pungkasnya.

Sebelumnya permasalahan PPDB tingkat SMA sederajat di Sumut sudah mendapat perhatian dari Ombudsman RI Perwakilan Sumut.

Pelakasanaan PPDB tahun ini dinilai kacau, baik sejak pendaftaran jalur prestasi, afirmasi dan perpindahan orang tua yang akhirnya diperpanjang. Begitu juga dengan pengumumannya.

Teranyar pendaftaran PPDB Sumut jalur zonasi pun turut diperpanjang hingga Kamis 24 Juni 2021 mendatang. Padahal sesuai tahapan sebelumnya, PPDB jalur zonasi ini dijadwalkan tanggal 13-16 Juni 2021. [P4]


Komentar Anda

Berita Terkini