-->

Amalan Nuzulul Qur’an pada Bulan Romadhon

/

/ Rabu, 28 April 2021 / 05.55 WIB

 

                                                        Foto: Ilustrasi Al Qur'an (P4)

PILAREMPAT.com---Bulan Romadhon selalu menjadi bulan yang paling dinanti-nantikan oleh ummat Islam di seluruh penjuru dunia, termasuk di Indonesia. Salah satu peristiwa bersejarah yang terjadi pada bulan Romadhon adalah Nuzulul Qur'an

Sebgaiaman yang dilansir Suara.com, disebutkan bahwa malam Nuzulul Qur'an atau malam diturunkannya Al-Quran itu terjadi pada hari ke 17 pada bulan suci Romadhon. Artinya, pada Ramadhan 1442 Hijriyah tahun ini Nuzulul Quran jatuh pada tanggal 29 April 2021 menurut kalendar masehi.

 

Nuzulul Qur'an

Salah satu peristiwa bersejarah yang ada pada bulan Romadhon adalah Nuzuzul Quran, Nuzulul Quran adalah malam dimana Al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Saat peristiwa ini terjadi Nabi Muhammad sedang berada dalam Gua Hira, tepatnya pada 17 Ramadhan SH atau 6 Agustus 610 Masehi. Saat menerima wahyu pertama, saat itu pula malaikat Jibril menghampirinya dan menurunkan wahyu pertama, yakni surat Al-Alaq ayat 1-5, yang artinya:

1.     Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan

2.     Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah

3.     Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah

4.     Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam

5.     Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam

 

Dalam wahyu pertama tersebut dijelaskan bahwa kala itu malaikat Jibril lah yang mengajarkan nabi untuk membaca dan menulis. Sampai saat ini seperti yang kita ketahui bahwa peristiwa Nuzulul Quran terjadi pada tanggal 17 bulan Ramadhan menurut kalender Hijriyah.

 

Ketika Nabi Muhammad menerima wahyu dari Malaikat Jibril ia merasakan dua hal berbeza, yang pertama mendengar suara lonceng yang berdengung begitu keras dan ia merasakan mengigil di seluruh tubuhnya.

Umumnya peristiwa Nuzulul Quran diperingati dengan melakukan pengajian, istighotsah, tahlil dan mengkhatamkan Al-Quran.

Amalan Nuzulul Qur'an

Berikut adalah amalan-amalan yang bisa anda lakukan saat malam Nuzulul Quran:

1. Membaca Al-Quran

Amalan yang pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan membaca Al-Quran. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa Nuzulul Quran adalah peristiwa diperingatinya malam dimana AL-Quran pertama kali diturunkan.

Sebagai seorang yang beriman sudah seharusnya kita meneladani peristiwa bersejarah tersebut, salah satu amalan yang bisa kita lakukan adalah dengan cara membaca Al-Quran sepanjang malam. Hal ini bertujuan untuk meneladani apa yang sudah disampaikan Allah melalui malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW

 2. Berzikir

Amalan selanjutnya adalah berzikir, tujuan dari berzikir adalah untuk meningkatkan ketakwaan kita. Selain itu dzikir dipercaya dapat mengangkat derajat seseorang, selain itu kita bisa berdzikir untuk senantiasa mengingat Allah di sela-sela aktivitas kita agar mendapatkan rahmat dan ketenangan hati

3.  Melaksanakan Salat Malam

Amalan ketiga yang bisa anda lakukan saat malam Nuzulul Quran adalah dengan mendirikan salat malam. Menurut salah satu hadits mendirikan salat malam saat malam Nuzulul Quran hukumnya adalah Sunnah, perlu kita ingat segala jenis amalan baik saat bulan Ramadhan akan dilipat gandakan pahalannya.

Karena itu, meskipun hukumnya Sunnah tidak ada salahnya kita mendirikan salat malam untuk meminta kepada Allah segala harapan dan cita-cita kita.

Harapannya dengan artikel ini kita bisa semakin meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Semoga puasa anda senantiasa pada tahun ini dilancarkan dan dirahmati oleh Allah. [P4/suara.com]

 

 


Komentar Anda

Berita Terkini