ForJES Apresiasi Perusahaan Swasta Bantu Masyarakat Sumut di Tengah Pandemi Covid-19

/

/ Rabu, 06 Mei 2020 / 23.48 WIB

Ketua Forum Jurnalis Ekonomi Sumut (ForJES), Muhammad Isya, S.Sos, (foto:P4/istimewa)
MEDAN—PILAREMPAT.com |  Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)  yang telah mewabah di tanah air sejak Januari 2020 lalu, mau tidak mau telah memukul sendi dasar perekonomian bangsa ini. Tak terkecuali perekonomian warga Kota Medan dan masyarakat Sumatera Utara (Sumut) juga tepapar atau mendapat imbas dari wabah virus yang mematikan itu.

Belakangan ini, kita lihat dan kita baca di sejumlah media massa yaitu televisi, media cetak (surat kabar) dan media siber (online) banyak memberitakan bantuan sosial yang disalurkan baik langsung maupun tidak langsung oleh beberapa lembaga swasta dan perusahaan juga komunitas sosial. Bantuan tersebut berupa sembako dan Alat Pelindung Diri (APD), seperti masker dan hand sanitizer atau cairan pembersih untuk tangan dari terpaan virus.

“Kita sadari saat ini, aktivitas masyarakat di Sumut dan warga Kota Medan terbatas akibat imbas pandemi Covid-19 sehingga  mempengaruhi ekonomi yang makin tertekan. Oleh karena itu, ForJES sangat mengapresiasi lembaga swasta, perusahaan maupun komunitas sosial yang peduli terhadap ekonomi warga Kota Medan khususnya dan masyarakat Sumut umumnya yang terpapar Covid 19 dengan memberi bantuan  berupa sembako dan APD,” ujar Muhammad Isya, S.Sos (foto), Ketua Forum Jurnalis Ekonomi Sumatera Utara (ForJES), di Sekretariat forJES, Jalan Multatuli Medan, Kamis (7/5/2020).

Diungkap Isya, inisiatif yang dilakukan pihak swasta tersebut wajar untuk diapresiasi yang sepantasnya karena telah ikut berkontribusi membantu pemerintah dalam berupaya memutus mata rantai virus corona tersebut.

“Seperti baru-baru ini, bantuan sosial yang dilakukana Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Forum Komunikasi Daerah (FKD) Medan dengan membagikan sembako dan masker kepada warga Kota Medan sekitarnya, seperti; abang tukang becak, ojek online, penjaga parkir, dan pedagang asongan dengan cara mobile bergerak langsung ke sejumlah titik tempat biasa mangkal mereka di seputaran Kota Medan,“ ungkap Isya yang juga Anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumut dan Anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) itu didampingi Sekretaris forJES, M.Syaiful,SH dan Herman.


Perusahaan dan lembaga swasta lain yang peduli untuk membantu warga Kota Medan dan masyarakat di Sumut, di tengah pandemi Covid-19 ini, yaitu; Danone Aqua Indonesia, PT Kurnia Aneka Gemilang produsen sirup Kurnia, PT Indofood Sukses Makmur, PT Inalum dan Asian Agri, Danone Aqua Indonesia, Lions Club, PT.Agincourt Resources pengelola Tambang Emas Batang Toru serta REI Sumut.

Perusahaan-perusahaan, lembaga/asosiasi, dan komunitas sosial tersebut  juga peduli dengan kondisi ekonomi para ‘kuli tinta’ alias wartawan/jurnalis di Sumut yang dalam satu bulan terakhir telah membagikan bantuannya langsung kepada organisasi/lembaga pers; PWI Sumut, PWI di kabupaten/kota dan SMSI Sumut.

Sementara, Pembina ForJES, Bachtiar Adamy mengatakan bahwa dalam kehidupan bernegara, berbangsa dan bermasyarakat, solidaritas sosial antara sesama merupakan sebuah tuntutan agama.

Artinya, ungkap mantan wartawan Harian Analisa yang akrab dipanggil Bay ini, saling membantu dan mengasihi dalam kepedulian wabah Covid-19 itu akan mampu menimbulkan rasa persaudaraan yang kuat. Hal ini seperti terjadi saat ini, dengan mulai bergairahnya perusahaan atau lembaga swasta yang menyisihkan sebagian rezeki perusahaannya untuk kepedulian sesama insan.

“Dengan bantuan tersebut, sehingga tidak menimbulkan kesenjangan sosial antara yang berada dengan yang berpenghasilan rendah. Nabi Muhammad Saw juga selalu mengingatkan kita agar tidak memutuskan tali silaturahmi sesama umatnya,” ungkap Bay. (P4)

Komentar Anda

Berita Terkini