Wow..!! Rp101,4 Miliar untuk Kepedulian BI Terhadap Penanganan Covid-19

/

/ Kamis, 30 April 2020 / 01.26 WIB

Gubernur BI, Perry Warjiyo (foto: P4/Dok. PMJnews).
Jakarta--Pilarempat.com |  Bank Indonesia (BI) melakukan mobilisasi dana sebagai bentuk kepedulian sosial dalam penanganan Covid-19. Tak hanya Tunjangan Hari Raya (THR), namun gaji pegawai tingkat officer hingga ADG juga dikumpulkan selama 6 bulan ke depan (Mei — Oktober 2020). Kepedulian BI Terhadap Penanganan Covid-19 selama 6 bulan tersebut sekitar Rp101,4 miliar.

Bank Indonesia (BI) telah melakukan Quantitative Easing (QE) untuk dapat memastikan kalau bank – bank memiliki likuiditas yang cukup. Bahkan, terkait pertumbuhan deposito yang menurun, BI juga telah menurunkan Giro Wajib Minimum (GWM) Rupiah pada periode Januari – April dan Mei 2020 yang akan menambah likuiditas perbankan sebesar Rp 155 triliun.
Hal itu disampaikan Gubernur BI, Perry Warjiyo saat melakukan live streaming 'Perkembangan Ekonomi Terkini', Rabu (29/04/2020). Dalam kesempatan itu, beliau juga menjelaskan kalau bank juga dapat melakukan repo Surat Berharga Negara (SBN) untuk  memenuhi likuiditasnya.
Selain itu, terang Perry, BI sudah menurunkan suku bunga. Saat ini transmisi melalui kuantitas lebih diperlukan untuk memenuhi kebutuhan likuiditas, baik dari bank maupun dunia usaha. Likuiditas bank saat ini sudah lebih dari cukup, namun masalahnya di sektor riil.

“Inilah yang dilakukan oleh pemerintah melalui stimulus fiskal untuk menggerakkan ekonomi, termasuk memberikan subsidi kepada UMKM. Agar kredit UMKM dapat berjalan, perlu ada subsidi bunga. OJK juga telah mengeluarkan kebijakan restrukturisasi kredit untuk mempermudah penyaluran kredit. Misalnya, dalam hal penundaan angsuran oleh perbankan, kebutuhan likuiditas dapat dipenuhi dari SBN bank yang direpokan,” ungkap Perry. (P4/sya/rilis)



Komentar Anda

Berita Terkini