-->

Ilalang di Desa Blang Poroh Lhokseumawe Terbakar Jumat Dinihari

/

/ Minggu, 15 Maret 2020 / 01.24 WIB




PILAREMPAT.com- LHOKSEUMAWE - Seluas satu hektar ilalang di Desa Blang Poroh Kecamatan Muara Dua Kota Lhokseumawe, Jumat (23/3/2020), dinihari, ludes terbakar.

Kebakaran lahan yang terjadi pada tengah malam itu sangat menakutkan warga,karena khawatir kebakaran itu bisa meluas api bisa menyambar rumah warga.

Kebakaran lahan yang ditumbuhi ilalang  itu rerjadi sekitar pukul 00.30 WIB disaat sebagian warga sedang tertidur lelap itu sempat membuat warga panik.

Menurut keterangan  warga  lahan perkebunan yang ditumbuhi rumput ilalang tersebut dibakar oleh orang tak dikenal (OTK)," ujar  Sekertaris BPBD Kota  Lhokseumawe, Drs Marzuki.

Menurutnya,  untuk sementara diduga penyebab kebakaran diduga dibakar OTK, namun dugaan tersebut saat ini sudah dalam penanganan pihak berwajib.

Masyarakat sempat panik ketika   mengetahui api semakin menjalar ke arah pemukiman warga, kemudian warga menghubungi petugas pemadam kebakaran karena khawatir kebakaran lahan akan  meluas," jelasnya.

Petugas pemadam kebakaran dari BPBD Kota Lhokseumawe yang menerima informasi tersebut langsung bergerak mengerahkan dua unit mobil pemadam kebakaran ke tempat kejadian untuk melakukan pemadaman api.

"Satu jam kemudian api baru berhasil dipadamkan setelah dua unit armada mobil pemadam kebakaran dikerahkan dan dalam usaha pemadam itu petugas dibantu oleh Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC PB) Kota Lhokseumawe, TNI-Polri serta masyarakat setempat," ungkapnya.

Lebih lanjut, Sekretaris BPBD Kota Lhokseumawe, Marzuki mengimbau agar masyarakat berhati-hati dan tidak membakar sampah sembarang serta membuka lahan baru dengan cara membakar. Terlebih saat ini dalam musim kemarau, sehingga semak belukar mudah terbakar.

"BPBD Kota Lhokseumawe mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran sembarangan. Ini merupakan salah satu cara untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan," ujar Marzuki. (P4/zky)

Komentar Anda

Berita Terkini