Kadin Sumut Ajak Pengusaha Ikut IPE 2020 di Kabul-Afghanistan

/

/ Kamis, 20 Februari 2020 / 14.25 WIB





Pilarempat.com- Medan : Kedubes RI di Kabul, Afghanistan meminta Kadin Sumatera Utara untuk memanfaatkan pasar Altemative Potential Afghanistan (APA) pada penyelenggaraan Indonesian Products Expo atau IPE 2020 di Kabul 18-20 April 2020 mendatang.
Kegiatan ini digelar selain meningkatkan kerjasama antar pengusaha kedua negara juga mendorong pasar APA produk Indonesia ke Afghanistan sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo dan Menlu untuk mewujudkan deplomasi ekonomi sekaligus menggenjot ekspor ke luar negeri.
Hal itu diungkapkan Ketua Umum Kadin Sumatera Utara, Khairul Mahalli kepada wartawan di Medan, Kamis Sore (20/2/2020) menyusul pemberitahuan Kedubes RI di Kabul melalui Kepala Perwakilan RI, Sadikin-Manister Counsellor.
IPE KBRI Kabul jelas Mahalli dilaksanakan dalam bentuk pertama, Pameran Dagang dan Investasi Indonesia di Safi Landmark Hotel, Kabul. Kedua, One-on-One.Meeting peserta Indonesia dengan Importir/pengusaha Afghanistan pada acara yang sama.
“Justru itu kami mengajak pelaku usaha Sumut termasuk UMKM dan eksportir untuk ikut ambil bagian dalam IPE ini.Apalagi hubungan Indonesia-Afghanistan akhir akhir ini cukup baik.Artinya kepala pemerintahan/kepala negara saling kunjung antara kedua negara,” ujar Mahalli yang juga Ketua Umum DPP Gabungan Pengusaha Ekspor Inonesia (GPEI) ini.
Menurut Dubes RI di Kabul lanjut Mahalli, Afghanistan memiliki posisi strategis untuk masuk ke negara-negara sekitarnya seperti Iran, Turkministan, Uzbekistan, Tejikistan, India dan Pakistan.
Hal ini merupakan peluang besar bagi pengusaha maupun eksportir untuk menerebos pasar di sana sekaligus menjalin hubungan dagang di ajang IPE ini. KBRI menyiapkan tempat pameran dan booth/stand, transportasi lokal, mengatur pertemuan B to B, rekomendasi pembuatan visa ke Kedubes Afghanistan di Jakarta.
“Untuk peserta  ada biaya tiket pp, hotel makan dan membawa produk yang diekspose, mengisi formulir peserta pameran, mengirimkan data perusahaan, contact person dan line of biusinees untuk buku katalog IPE Kabul 2020. Profile company dapat dikirimkan ke ipe2020kabul@yahoo.co. Pengiriman data tersebut paling lambat 25 Maret 2020 sudah diterima,” terang  Mahalli. (P4/isya).

Komentar Anda

Berita Terkini