Gelar Harvesting Gernas BBI dan BBWI, OJK Beri Dukungan Sektor UMKM & Pariwisata

/

/ Minggu, 26 Mei 2024 / 18.07 WIB

Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar

Palembang, PILAREMPAT.com - Selain sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), melalui Harvesting Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI-BBWI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus memberikan dukungan berkelanjutan kepada sektor pariwisata di Indonesia melalui berbagai Fasilitasi Akses ke Pembiayaan, Memfasilitasi akses ke pembiayaan bagi UMKM melalui berbagai program, termasuk kredit/pembiayaan, business matching, dan pelatihan literasi keuangan;Selain kepada sektor UMKM.

Kemudian Digitalisasi UMKM; OJK mendorong UMKM untuk mengadopsi teknologi digital untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan operasi bisnis mereka; Keuangan Berkelanjutan dan OJK mendorong praktik keuangan menuju arah yang lebih berkelanjutan dan inklusif melalui penerbitan Taksonomi Untuk Keuangan BerkelanjutanIndonesia (TKBI) untuk mendukung bisnis yang bertanggung jawab terhadap lingkungan dan sosial.

Gernas BBI/BBWI 2024 di Sumatera Selatan merupakan bukti nyata dari upayakolektIf pemerintah,pemangku kepentingan, dan masyarakat dalam mendorong pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Keberhasilan acara ini menyoroti potensi besar UMKM dan pariwisata dalam berkontribusi pada ekonomi nasional Indonesia.

Semarak kegiatan Harvesting Gernas BBI/BBWI di Kota Palembang ini turut dimeriahkan melalui antusiasme lebih dari 140 booth pameran yang terdiri dari:  63 pelaku UMKM yang terdiri dari 38 UMKM binaan pihak terkait yang memamerkan produk khas Provinsi Sumatera Selatan dengan kategori kriya, fashion, kuliner, dan kesehatan, serta sejumlah 25 UMKM kuliner umum, 33Dinas Koperasi dan UMKM, Pemerintah Daerah terkait, Dekranasda, dan mitra lainnya yang memamerkan produk khas dan unggulan masing-masing daerah, Booth OJK dan BI yang menyediakan layanan umum, termasuk edukasi dan inklusi keuangan bagi masyarakat, 13 Lembaga Jasa Keuangan yang menawarkan berbagai produk dan layanan keuangan, dan 31 booth pendukung lainnya yang menambah kemeriahan acara.

“Semangat "Belanja dan Melancong ke Sumatera Selatan Bae" diharapkan terus bergema, mendorong masyarakat untuk mendukung bisnis lokal dan menjelajahi kekayaan budaya dan keindahan alam Sumatera Selatan yang kaya,” ujar Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar. [P4/sya]

 


Komentar Anda

Berita Terkini