Dilantik Gubsu Edy Rahmayadi, Bupati-Wakil Bupati Batubara, Zahir-Oky Dihimbau Tekankan Imam dan Loyalitas

/

/ Sabtu, 29 Desember 2018 / 00.22 WIB


Medan (Pilarempat.com)---Gubenur Sumatera Utara Edy Rahmayadi melantik Ir.H Zahir,MAP dan Oky Iqbal Frima,SE sebagai Bupati-Wakil Bupati Batubara periode 2018-2023, di Aula Raja Inal Siregar Kantor Gubsu, Kamis (27/12/2018).Gubernur menekankan kepada Zahir-Oky soal imam dan loyalitas.

“Kalau imamnya benar, makmumnya benar, Insya Allah akan membawa kebaikan bagi daerahnya. Soal loyalitas, Bupati Batubara dipilih oleh rakyat Batubara. Kalau Gubernur yang dipilih rakyat Sumatera Utara, salah satunya rakyat Batubara. Jadi kalau imamnya sujud, makmumnya ikut sujud, tidak sebaliknya imam sujud, makmumnya qomat”, ujar Gubernur mengibaratkan bagaimana hubungan yang baik antara pemimpin dan rakyat, serta pemimpin pemerintahan di setiap tingkatan.

Gubernur Edy juga menekankan soal pengelolaan pemerintahan (good government) yang sangat dipengaruhi keberadaan rakyatnya. Karena menurutnya ada perbandingan searah dan sejajar, antara rakyat dan pemimpin. Sebab rakyat sebagai subjek hukum, bukan hanya sekedar pelengkap di dalam sistem good government.

Termasuk juga soal membangun desa menata kota. Ada namanya dana desa, Rp1 Miliar hingga Rp 3 Miliar. Semua ini untuk membangun desa, cita-citanya desa. Jadi mana yang menjadi potensi di desa itu, harus fokus ke situ, misalnya perkebunan atau perikanan,” sebut Edy didampingi Ketua TP PKK Sumut, Nawal Lubis Edy Rahmayadi.

Sebagai pimpinan pemerintahan di Sumut, mantan Pangkostrad itu juga menyampaikan komitmen terhadap pembangunan di Batubara. Dia berencana akan datang ke kabupaten yang dimekarkan dari Kabupateb Asahan itu, tapi dia langsung ke masyarakat melihat kondisi desa di sana.

Gubernur minta bupati,wakil bupati Batubara melaksanakan tugas dengan baik. Pertama dia taqwa, kedua punya cita-cita, ketiga punya kasih sayang, keempat dia harus jadi contoh tauladan karena dia pemimpin di situ. Kelima dia tak boleh menyerah dan keenam dia harus rela berkorban,” tegasnya.

Bupati Batubara H Zahir yang baru dilantik mengatakan pesan yang disampaikan Gubernur kepada mereka merupakan sebuah keniscayaan. Sebab sebagai pemimpin, harus memberikan contoh yang baik seperti dalam beribadah, seseorang berperan sebagai imam.

“Memang kebijakan pemerintah pusat, provinsi dan daerah itu harus diakomodir pemerintah daerah, karena itu satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Sehingga seluruh kegiatan itu mencerminkan kebutuhan yang ada,” sebutnya.

Sedangkan terkait masalah hukum yang menimpa mantan Bupati sebelumnya, Zahir menyebutkan bahwa saat ini adalah momentum untuk memulai yang baik. Sabab baginya, membangun itu tidak melihat ke belakang. Sehingga sesuai visi misi mereka, tugas mengelola Batubara memulai babak baru.

“Tentu banyak cita-cita masyarakat kita yang menginginkan Batubara ini lebih baik. Mudah-mudahan itu bisa kita wujudkan bersama,” kata mantan anggota DPRD Sumut ini.

Gemkara Kawal  & Awasi Pembangunan di Batubara

Mengapresiasi dilantiknya Bupati-Wakil Bupati Batubara, Ketua Umum PB Gerakan Masyarakat Menuju Kesejahteraan Batubara (Gemkara) Khairul Muslim berharap seluruh pihak bisa belajar dari masa lalu. Kepemimpinan yang memprihatinkan, tidak menunjukkan tata kelola pemerintahan yang baik.

”Kemudian tentu saja Gemkara merupakan lembaga yang berjuang melahirkan Kabupaten Batubara, tetap melakukan pengawalan dan pengawasan. Kita juga berpartisipasi dalam mensukseskan pembangunan itu sendiri,” sebut Wakil Ketua PWI Sumut itu menjawab wartawan.

Khairul juga menyampaikan bahwa kehadirannya Gemkara tidak bicara person atau pribadi seseorang. Namun bagaimana roh perjuangan berdirinya lembaga ini adalah mendorong terwujudnya kesejahteraan masyarakat.
”Harapan kita Bupati Zahir akan mampu melaksanakan tugas itu, mewujudkan harapan dan cita-cita kita dahulu,” ujar  Khairul.

Pada kesempatan itu, Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis Edy Rahmayadi juga melantik Ketua TP PKK/Dekranasda Batubara Ny Maya Indriasari Zahir. Hadir juga mantan mantan Pj Bupati Batubara Syaiful Syafri, mantan Bupati Batubara Harry Nugroho, Ketua DPD Gerindra Sumut Gus Irawan Pasaribu, Ketua DPD PDIP Sumut Japorman Saragih, Pimpinan dan Anggota DPRD Sumut dan Batubara,Forkopimda Batubara antara lain Kapolres Batubara AKBP Robinson Simatupang dan Pengurus Besar (PB) Gemkara.  [P4/Isya]

Komentar Anda

Berita Terkini