Komnas HAM Jalin Kerjasama dengan UNPRI

/

/ Selasa, 04 September 2018 / 11.42 WIB



PILAREMPAT.com | Komans HAM RI melakukan penan­da­tanganan perjanjian kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Prima Indonesia (UNPRI) kampus tersebut.

Kedua belah pihak menaruh harapan besar bahwa penandatangan MoU ini akan menjadi dorongan luar biasa bagi upaya diseminasi HAM di wilayah Sumatera Utara, Selain MoU Ketua Komnas HAM RI Drs Ahmad Taufan Damanik MA juga memberikan kuliah umum kepada para mahasiswa yang dihadiri Sekretaris Jenderal Komnas HAM RI Tasdiyanto, Pendiri UNPRI Dr dr I Nyoman EL MKes AIFM, Ketua BPH Dr Tommy Leonard SH Mkn.

Selain itu hadir juga Rektor Dr Crismis Novalinda Ginting SSit MKes, Direktur Pascasarjana Dr Azharudin SH MKn, Sekretaris Prodi MKn Dr. Elvira Fitriyani Pakpahan SHI MHum, Wakil Rektor I Seno Aji SPd MEng Prac dan unsur pimpinan lainnya.

Dalam kuliah umum yang antara lain membahas tentang aktualisasi perwujudan hak asasi manusia itu, Taufan Damanik mengatakan, HAM itu seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati.

Dijunjung tinggi dan dilindungi negara, hukum, pemerintah dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan.

Pada kesempatan itu juga, Taufan Damanik menyampaikan tentang hak-hak yang terdapat didalam UUD 1945 dan prinsip-prinsif HAM.

Dia juga menyampaikan sejumlah informasi yang dipandang perlu antara lain pentingnya HAM sebagai bahan kajian mahasiswa Unpri yang tampak sangat antusias mengikuti kuliah umum tersebut.

Rektor Dr Crismis Novalinda Ginting SSit MKes menyampaikan rasa terimakasihnya atas kehadiran Ketua Komnas HAM RI ke kampus multi etnis ini. Sehingga telah terjalin kerjasama antara Komnas HAM dengan FH dan Sekolah Pascasarjana Unpri.

“Sebagai kampus multi etnis, Unpri merasa perlu untuk menunjukkan upaya yang serius dalam proses merangkai kebhinekaan dan mengkatualisasi wawasan HAM dalam berbagai bidang,” katanya.

Rektor yakin, dengan adanya kesepahaman ini, sangat banyak hal yang akan semakin terbuka bagi para mahasiswa/i baik dalam hal magang, penelitian dan lainnya.

“Mudah-mudahan, nota kesepahaman yang kita sepakati yang ditandatangani ini, akan ikut memberi semangat serta dukungan untuk menjaga komitmen UNPRI memberikan yang terbaik kepada kita semua,” ucap rektor lagi.

Ketua BPH UNPRI Dr Tommy Leonard SH MKn menambahkan, banyak hal penting yang dapat dipetik dari kegiatan ini, antara lain bagi mahasiswa kegiatan ini sebagai penambahan wawasan keilmuan di bidang Hak Asasi Manusia.

Mengakhiri pembicaraannya, Tommy menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik, yang berkenan meluangkan waktu untuk membagikan dan sekaligus memberikan ilmunya kepada para mahasiswa. [P4]
Komentar Anda

Berita Terkini