Gubsu Imbau Bupati & Wali Kota Perbaiki Infrastruktur Daerah

/

/ Senin, 07 Mei 2018 / 11.03 WIB
Gubsu Dr.Ir.HT. Erry Nuradi MSi 

PILAREMPAT.com |  Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Dr.Ir.HT. Erry Nuradi, MSi mengimbau kepada seluruh bupati dan wali kota se Sumatera Utara (Sumut) untuk terus melakukan perbaikan-perbaikan infrastruktur, khususnya  jalan di daerah masing-masing.

Hal ini disampaikan Gubsu Erry Nuradi saat memberi sambutan pada malam puncak rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Provinsi Sumatera Utara (Provsu), Pesta Rakyat, di Lapangan Merdeka Jalan Pulau Pinang Medan, Sabtu (5/5/2018) malam.

Gubsu Erry menyampaikan, dirinya sering mendapatkan keluhan dari masyarakat mengenai kondisi jalan saat melakukan kunjungan ke daerah-daerah.
“Perlu diingat bahwa jalan di Sumut tidak semua menjadi tanggung jawab provinsi. Paling banyak justru menjadi tanggung jawab kabupaten dan kota. Karena itu, saya berharap pada bupati, wali kota, dan yang mewakili hari ini untuk terus melakukan perbaikan-perbaikan infrastruktur di daerahnya masing-masing,” ujar Erry.

Untuk jalan-jalan yang menjadi tanggung jawab provinsi, kata Erry, panjangnya mencapai sekitar 3050 kilometer. Sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), kondisi jalan mantap akan mencapai  88 persen pada akhir tahun 2018. Naik sebanyak 4 persen dibanding tahun 2017 yang mencapai 84 persen.

Pada malam Pesta Rakyat itu, Erry juga ingin  melaporkan kepada masyarakat Sumut yang hadir tentang situasi dan kemajuan-kemajuan telah dicapai oleh Sumut selama ini.

“Malam ini adalah momen untuk kita bersilaturahmi sesama warga Sumut. Seluruh elemen masyarakat terdiri dari pengusaha, pelaku seni dan budaya, UMKM, pelajar dan berbagai komunitas hadir bersama-sama, tentu adalah sebuah momen langka. Untuk itu, saya ingin menggunakan kesempatan ini melaporkan langsung langkah-langkah telah kita upayakan untuk membuat Sumut menjadi lebih baik,” ungkapnya.

Erry menjelaskan, beberapa prestasi berhasil dicapai Sumut. Termasuk salah satunya penurunan angka kemiskinan hingga di bawah rata-rata nasional. Sesuai dengan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provsu, angka kemiskinan di Sumut untuk dua tahun terakhir ini turun 1 persen dari 10,16 persen menjadi 9,28 persen. Angka ini jauh lebih baik dari rata-rata nasional yang masih 10,12 persen. Demikian pula dengan tingkat penganggurarn terbuka Sumut terus ditekan hingga mencapai angka 5,5 persen.

Dalam kesempatan itu, Erry pun menyampaikan terima kasihnya kepada Pemerintah Pusat. Menurut Erry, pemerintah pusat banyak memberikan perhatian besar untuk kemajuan pembangunan di Sumut.

“Sebagai contoh jalan tol di Sumut terakhir di bangun tahun 1987 dan hanya sepanjang 33 Kilometer. Selama 30 tahun tidak ada pembangunan jalan tol. Alhamdulillah, akhirnya pada tahun 2017 lalu, kita meresmikan jalan tol Medan-Binjai dan Medan-Tebing bersama dengan presiden. Jika semua sudah rampung panjangnya akan mencapai 112 Kilometer. Oleh karena itu, kami berterima kasih kepada Bapak Jokowi untuk dukungannya yang sangat luar biasa,” jelas Erry.

Erry kemudian bercerita tentang kunjungan kerjanya ke perusahaan Port of Rotterdam (PoR), yakni perusahaan mengelola, mengoperasikan, dan mengembangkan area industri dan Pelabuhan Rotterdam, pelabuhan terbesar di Eropa. Dikatakannya, Pemprovsu bersama PoR akan bekerja sama untuk memperlancar proses pengembangan dan pembangunan pelabuhan Kuala Tanjung menjadi pelabuhan hub internasional di wilayah barat Indonesia.

Kepada masyarakat Sumut yang hadir, Erry berharap agar terus mendukung upaya pembangunan dilakukan oleh pemerintah. Apalagi, saat ini Sumut memiliki 19 proyek strategis nasional yang sedang dikembangkan.

Erry mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat telah ikut mensukseskan penyelenggaraan Pesta Rakyat dalam rangka HUT ke-70 Provsu.

“Saya berharap acara ini menjadi inspirasi untuk dikembangkan menjadi event rutin yang dirindukan oleh masyarakat Sumut,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provsu, Dr Ir Hj Hidayati MSi selaku ketua panitia menyampaikan, bahwa acara pesta rakyat merupakan acara puncak dari peringatan HUT ke-70 Sumut.

Pesta Rakyat ini, kata Hidayati, dirangkaikan dengan berbagai acara yakni pameran foto Paten, stand/bazzar kuliner, penarikan undian Gebyar Martabe Rp 1M  PT Bank Sumut, pemberian penghargaan Tribute to TEN, launching brand exciting Sumut, serta hiburan artis ibukota.

Turut hadir dalam acara tersebut Dewan Pertimbangan Presiden RI, Sidarto Danusubroto, Mewakili Kepala Staf Presiden RI, Wandi Futurong, Forkopimda Provsu, Ketua DPRD Provinsi Sumut, Wagirin Arman, Konsul Negara Sahabat Amerika, Jepang, dan Singapura, Bupati dan Walikota se Sumut, Direktur Utama Bank Sumut, Edie Rizliyanto, Dewan Pengurus PDAM Tirtanadi, Direktur PT Rintis, komunitas relawan, pelajar, mahasiswa dan masyarakat Sumut, khususnya Kota Medan. [P4]
Komentar Anda

Berita Terkini