KPU Sumut Gelar Bimtek Kreasi & Inovasi Sosialisasi Pilkada di Sergai

/

/ Senin, 26 Maret 2018 / 01.30 WIB



PILAREMPAT.com--KPU Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Sosialisasi dan Inovasi Sosialisasi Pilkada untuk meningkatkan partisipasi masyarakat. Acara ini diadakan, di Theme Park Hotel Pantai Cermin Serdang Bedagai Kamis (22/3/2018).

Ketua KPU Sumut, Mulia Banurea mengatakan bahwa keberhasilan pemilihan kepala daerah (pilkada) dan pemilihan umum (pemilu) ada di tangan masyarakat. Tingkat partisipasi masyarakat adalah tumpuan dapat mensukseskan pilkada dan pemilu.

Berdasarkan hal ini, KPU Sumut mengundang anggota komisioner divisi partisipasi masyarakat kabupaten/kota se-Sumut dalam mengupayakan publik agar tertarik untuk berpartisipasi, sadar akan pentingnya memberikan suara dan datang ke TPS (Tempat Pemungutan Suara).

Ada dua upaya meningkatkan partisipasi masyarakat, yang pertama memaksimalkan sosialisasi ke sekolah-sekolah dan bekerja sama dengan Disdukcapil. “Ini bagian dari inovasi yang sederhana,” ujar Mulia Banurea.

Kerja sama ini dilakukan untuk mendata pemilih pemula. “Siswa sudah bisa ikut memilih datanya direkam oleh Disdukcapil,” tambah Mulia. Upaya kedua, membuat langkah-langkah kreasi dan inovasi tentang terobosan apa yang membuat masyarakat tertarik menggunakan hak pilihnya.

Upaya dilakukan dan menjadi pembahasan dalam bimbingan teknis ini ialah bagaimana membentuk suatu kreasi dan inovasi agar publik tertarik menggunakan hak pilih di TPS.

Acara ini dipandu oleh Yulhasni, anggota KPU Provinsi Sumut Divisi SDM dan Parmas. Dalam materinya Yulhasni memberikan informasi mengenai upaya peningkatan partisipasi masyarakat (parmas) dengan memanfaatkan forum warga, misalnya perkumpulan pengajian, organisasi masyarakat, sekolah/kampus, lembaga dan lain sebagainya.

“Kita berada dalam lingkungan forum warga harus mengambil kesempatan untuk mensosialisasikan pilkada,” ujar Yulhasni. [P4/is]
Komentar Anda

Berita Terkini