Harga Bawang Putih Melonjak di Medan

/

/ Selasa, 20 Maret 2018 / 15.26 WIB



PILAREMPAT.com--Harga bawang putih melonjak di pasaran pusat perbelanjaan di Kota Medan. Lonjakan harga bawang putih terpantau tidak seperti biasanya.

Lonjakan yang terjadi secara tiba-tiba dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Proses kenaikannya sangat spontan. Diawali sempat naik 1000 dari 25 ribuan, terus meroket di 30 ribuan. Harga bawang putih yang sebelumnya setara dengan harga bawang merah dikisaran 25 ribuan.

Saat ini, bawang putih naik menjadi 35 ribuan per Kg. Sementara bawang merah masih stabil diangka 24 hingga 26 ribuan per Kg. Bahkan sejumlah pedagang menjual bawang putih di angka 40 ribu per Kg nya. Kita berharap TPID maupun pihak terkait melakukan stabilisasi harga bawang putih tersebut. Pada dasarnya bawang putih ini dihasilkan dengan cara impor.

"Lebih dari 90 persen kebutuhan bawang putih kita didatangkan dengan cara impor. Jadi memang untuk meredamnya saat ini juga bisa dilakukan dengan cara mengimpor. "ujar Gunawan Benjamin, kordinator Tim Pemantau Harga Bahan Pangan Sumut, Selasa 20 Maret 2018.

Sementara itu, harga kebutuhan pokok lainnya terpantau stabil dan sejumlah harga kebutuhan sayur mayur mengalami penurunanTomat, wortel dan kentang terpantau turun signifikan. Sejauh ini penurunan tersebut memang sangat menganggu para petani kita. Tiga komoditas tersebut umumnya dihasilkan di dataran tinggi di wilayah kabupaten karo.

Namun, harga cabai merah dan rawit masih stabil belakangan. Kita bisa memastikan bahwa dampak dari erupsi gunung sinabung sebelumnya sudah tidak membuat volatilitas harga pangan bergejolak. Semuanya terpantau stabil. Walaupun untuk komoditas cabai yang saat ini dijual dikisaran 44 ribu hingga 48 ribu terbilang sangat mahal.

Kenaikan harga bawang putih saat ini tidak memberikan nilai tambah ke petani kita. Karena bawang putih didatangkan dari Negara lain. Sementara kenaikan harga cabai cukup memberikan nilai tambah bagi daya beli petani kita. Meskipun konsumen sedikit dirugikan disitu. Sementara anjloknya harga wortel, kentang dan tomat jelas akan sangat menguntungkan konsumen saja. [P4/is]
Komentar Anda

Berita Terkini