Srikandi PLN Perkenalkan PLN Mobile Sebagai One Stop Solution Layanan Kelistrikan, Guna Membantu Perencanaan Keuangan RT

/

/ Kamis, 16 Mei 2024 / 16.02 WIB


Medan, PILAREMPAT.com - Dalam pertemuan yang diselenggarakan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Sumatera Utara, bertajuk Workshop Perencanaan Keuangan dan Ketenagalistrikan Berbasis Aplikasi. 

Turut menjadi narasumber Srikandi PLN, Emmy Robiah selaku Asisten Manager Niaga dan Pemasaran PLN UP3 Medan yang menyampaikan materi 'PLN Mobile as One Stop Solution'.

Acara yang diisi dengan topik perencanaan keuangan dan pengelolaan pengeluaran rumah tangga ini diikuti oleh puluhan peserta secara hybrid.

General Manager PLN UID Sumatera Utara, Saleh Siswanto, mengatakan, PLN akan terus mendorong keterlibatan perempuan dalam pengembangan Perusahaan. 

“Hari ini saya mengapresiasi inisiatif dari Srikandi PLN, yang ikut mendorong setiap perempuan untuk terus berkembang dalam meningkatkan kompetensi,” ujar Saleh dalam wawancara di tempat yang berbeda, Rabu (15/5/2024).

Selaras dengan hal tersebut, Ny. Dian Arief S. Trinughroho, Ketua DWP Prov. Sumatera Utara menyampaikan workshop yang dilaksanakan adalah salah satu media pembekalan bagi para wanita untuk memupuk kompetensi pengelolaan keuangan keluarga.

“Kita harus bisa dan pintar mengelola keuangan keluarga sehingga kita bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga. Tak hanya itu, PLN juga saat ini telah banyak melakukan transformasi digital melalui aplikasi PLN Mobile. Kini lewat PLN Mobile, masyarakat dapat mengakses layanan PLN sekaligus melakukan transaksi dengan biaya yang lebih murah,” ungkap Dian.

Menyadari bahwa Perempuan memiliki peran yang krusial dalam rumah tangga, dan harus didukung dengan kemampuan, kompetensi dan kepribadian menjadi perempuan yang matang.

“Hal pertama yang harus diketahui walaupun ibu rumah tangga biasanya tidak terjun langsung dalam hal kelistrikan adalah, adanya pembagian kewenangan instalasi kelistrikan di rumah. Kewenangan Pelanggan adalah dari instalasi sesudah Alat Pengukur dan Pembatas (APP) yang berada di dalam rumah Pelanggan merupakan tanggung jawab Pelanggan, tetap harus dijaga karena secara tidak langsung akan mempengaruhi pengukuran pada APP Pelanggan, rutin di cek dan dirawat ya ibu ibu,” ungkap Emmy dalam sesi pemaparannya.

Tagihan listrik sebagai salah satu pengeluaran rutin bulanan bagi rumah tangga yang harus dicermati. Pola konsumsi energi dalam rumah tangga dan pola pembayaran rutin tagihan listrik harus sepenuhnya dikuasai.

Informasi tarif dasar listrik, perhitungan pemakaian dan pembayaran tagihan listrik juga disampaikan Emmy dapat diakses melalui aplikasi Super Apps PLN Mobile.

"PLN punya PLN Mobile sebagai one stop solution nih bu. Mulai dari layanan kelistrikan, belanja UMKM, sampai produk internet juga ada. Keunggulan lain dari PLN Mobile adalah biaya transaksi yang jauh lebih murah dibandingkan bertransaksi ditempat yang lain. Semua informasi baik tarif dasar listrik maupun harga produk sampai promo yang berlangsung juga ada disana. Ayo siapa yang belum download PLN Mobile? tim kami siap membantu," tutup Emmy yang disambut antusias oleh peserta. [P4/sya/rel]

Komentar Anda

Berita Terkini