Masyarakat Desa Sijambur Sambut Bupati Samosir

/

/ Kamis, 19 Oktober 2023 / 17.45 WIB

 

Samosir, PILAREMPAT.COM - Tokoh masyarakat dan masyarakat Desa Sijambur menyambut antusias kehadiran Bupati Samosir Vandiko Gultom, Kamis (19/10/2023).


Turut hadir anggota DPRD Samosir, Staf Ahli Bupati, Asisten II dan Asisten III, para pimpinan OPD, Camat Ronggurnihuta.


Kehadiran Bupati untuk membawa pelayanan gratis dan penyerahan berbagai bantuan yang langsung bertemu dan berkomunikasi bersama masyarakat, mendengarkan apa yang menjadi kebutuhan.


“Kami membawa pelayanan dari kabupaten ke desa sehingga bisa dinikmati seluruh masyarakat yang tinggal di desa. Banyak pelayanan yang kami bawa dan seluruhnya gratis,” ucap Bupati.


Selain itu, Bupati juga memberikan bantuan pertanian berupa pupuk organik cair sebagai perangsang agar kelompok tani mau belajar membuat pupuk organik. Mengatasi keterbatasan pupuk kimia bersubsidi, Pemkab Samosir memberikan pelatihan kepada kelompok tani.


Selain itu Vandiko menyampaikan bahwa Pemkab Samosir akan membantu sertifikasi pupuk organik yang dihasilkan petani sehingga bisa dijual untuk meningkatkan ekonomi.


Menanggapi permintaan masyarakat, Bupati menyampaikan seluruh usulan tersebut sudah dicatat dan akan membantu serta difasilitasi. Beberapa dari usulan tersebut akan dibantu yaitu mesin pemeras madu elektronik dan mesin pengurang kadar air madu bagi Pokdarwis O2, membantu komunikasi mendapatkan lebah. Untuk perbaikan Infrastruktur jalan sedang berlangsung dari Sp. Salaon Dolok-Sijambur sepanjang 1,25 Km dan akan berlanjut pada tahun 2024 sepanjang 2,5 KM sehingga panjang jalan yang akan dikerjakan sepanjang 3,7 KM.


Bupati juga mengajak DPRD untuk bersinergi, seperti halnya penangkaran bibit di Desa Sijambur yang direncanakan tahun depan.


Tak luput Bupati mengucapkan terima kasih kepada anggota DPRD yang hadir dan berharap dapat merealisasikan kebutuhan masyarakat secara bersama-sama.


Sebagai tambahan pembangunan ke Desa Sijambur, Bupati memberikan tambahan anggaran pembangunan dari APBD sebesar Rp100 juta untuk pembangunan Desa Wisata di Lumban Pokki.


Sementara Kepala Desa Sijambur Judiman Nambah mengatakan, bahwa masyarakat masih mengharapkan perhatian Bupati dan DPRD untuk memenuhi kebutuhan yang belum terlayani.

“Sejujurnya kunjungan Bupati membawa dampak positif secara langsung,” bebernya.


Pelayanan gratis yang dibawa Bupati diantaranya, pelayanan pengurusan administrasi K

Kependudukan, pelayanan kesehatan gratis, BPJS Gratis, bantuan pendidikan untuk memotivasi siswa berprestasi, pelayanan KB, penyuluhan stunting, pemberian bantuan untuk stunting, penyuluhan UMKM terkait manajemen usaha dan pengembangan aktivitas kerajinan masyarakat, pengurusan perizinan berusaha, penyuluhan penyakit rabies, pelatihan pembuatan pupuk organik/POP, dan pemberian bantuan pupuk organik kepada kelompok tani. Selain itu Bupati Samosir juga menyerahkan 1.000 ekor bibit ikan nila dan 2.000 batang kopi untuk masyarakat Desa Sijambur. (P4/MT)

Komentar Anda

Berita Terkini