BPS Sumut : Jurnalis Diminta Cermat Menulis Indikator Strategis Ekonomi

/

/ Selasa, 24 Oktober 2023 / 11.42 WIB


Medan, PILAREMPAT.com 
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Nurul Hasanudin mengatakan, para jurnalis di Sumut, hendaknya cermat dan lengkap saat menulis berita soal indikator strategis ekonomi, termasuk yang terkait dengan angka inflasi dan deflasi.

Apalagi, ungkap Hasanudin, di tahun politik seperti sekarang, menjelang pemilu dan Pilpres 2024 mendatang, informasi terkait ekonomi memang cukup strategis.

"Jangan sampai di tahun politik ini malah bertebaran beragam berita hoaks soal indikator strategis ekonomi,” pungkas Hasan kepada para jurnalis dalam acara workshop “Indikator Strategis untuk Insan Pers” yang digelar di Medan, Selasa, (24/10/ 2023). 

Menurut dia, ketika jurnalis menulis soal indikator strategis ekonomi, termasuk inflasi, deflasi, dan lainnya secara benar, maka hal itu akan menghindarkan masyarakat dari berita Hoaks ekonomi.

Diungkap Hasanudin lagi, berita ekonomi yang ditulis secara benar justru bisa berguna ketika jurnalis bertemu para kandidat biak untuk legislator atau pun untuk kandidat eksekutif.

Ia juga memahami bahwa di setiap even skala besar seperti Pemilu, ekonomi selalu mengalami pergerakan yang relatif lebih kuat. Karena itu, ada saja kemungkinan akan munculnya inflasi atau pun deflasi.

“Peran jurnalis sangat tepat untuk menuliskan hal ini secara benar agar masyarakat juga mendapatkan informasi dan berita yang benar, bukan berita hoaks,” tandas Nurul Hasanuddin. [P4/sya]

Komentar Anda

Berita Terkini