Forkopimda Samosir Kunjungan Kerja Menjelang Pemilu 2024

/

/ Sabtu, 16 September 2023 / 20.10 WIB

 

Samosir, PILAREMPAT.COM - Untuk menyukseskan Pemilu tahun 2024, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Samosir (Forkopimda) melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Kecamatan Harian, Jumat (15/9/2023).

Kunker bersama Forkopimda untuk menyukseskan Pemilu 2024, dengan pokok bahasan isu strategis kesiapan Pemkab Samosir menyukseskan Pemilu, Kesiapan pengamanan dan penegakan hukum terpadu, menjaga ketertiban umum pelaksanaan Pemilu dan isu strategis lainnya. 


Diikuti peserta dari 2 Kecamatan yaitu, Harian dan Sianjur Mulamula, dengan menghadirkan para Camat, Kepala desa, BPD, Kasi Pemerintahan dari masing-masing desa. Turut hadir Asisten 1 Tunggul Sinaga, Kaban Kesbang Pol Dumoch Pandiangan, Komisioner KPU Monang Sinaga, Komisioner Bawaslu Jonsen Situmorang.


Bupati diwakili Tunggul Sinaga mengatakan, Pemkab siap mendukung suksesnya pelaksanaan Pemilu 2024. Pemkab  telah memberikan fasilitasi dan bantuan kepada KPU dan Bawaslu Samosir dalam penyelenggaraan tugas, wewenang maupun  kewajiban untuk menyukseskan Pemilu. Bantuan dan fasilitasi  antara lain dengan menugaskan PNS pada sekretariat PPK, Panwascam, melibatkan aparatur/ aparat desa pada PPS yang berkedudukan di desa serta menyediakan kantor sekretariat. Mengalokasikan anggaran kepada KPU lebih kurang 8 Milyar dan 3 M untuk Bawaslu yang dianggarkan dalam P-APBD 2023. Selain itu, menghibahkan lahan untuk pembangunan kantor KPU.


Melalui kunjungan tersebut Forkopimda  dapat melakukan penyelesaian permasalahan dengan mengedepankan upaya deteksi dini, cegah dini dan penanganan dini penyelesaian berbagai permasalahan melalui pengambilan tindakan tertentu dalam keadaan mendesak yang sangat dibutuhkan oleh daerah dan/atau masyarakat. Pemeliharaan stabilitas sosial politik dan penyelenggaraan pemerintahan dalam negeri di daerah. 


Kapolres Samosir diwakili Kabag Ops, Hasan menyampaikan, Polres Samosir siap dalam pengamanan Pemilu maupun Pilkada tahun 2024 dengan kekuatan 231 personil. Memberdayakan 2/3 dari jumlah personil untuk pengamanan dilapangan, 1/3 lagi untuk pengaman di mako dan kegiatan masyarakat. Untuk mengantisipasi ancaman keributan/konflik Polres Samosir telah menyurati Polda Sumut untuk penambahan personil BKO dari satuan Brimob maupun Sabara. 


Polres Samosir juga telah melakukan Sispam kota setiap Sabtu sebagai upaya peningkatan kemampuan dan kualitas anggota menjelang Pemilu 2024. (P4/MT)

Komentar Anda

Berita Terkini