Keutamaan dan Hikmah Puasa Nisfu Sya’ban, Hadist : Mendapat Syafaat dari Rasulullah SAW di Hari Kiamat...

/

/ Selasa, 07 Maret 2023 / 23.59 WIB
Ilustrasi Canva: Bulan Sya'ban 

PILAREMPAT.com -- Dalam sebuah hadis, Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa pada malam Nisfu Sya'ban, Allah SWT memberikan ampunan kepada semua orang kecuali orang yang musyrik atau orang yang bermusuhan. Puasa Nisfu Sya'ban juga dipercaya dapat membantu menghapus dosa-dosa dan kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh umat Islam.

Umat muslim sudah familiar dengan malam Nisfu Syaban, yang tahun ini diperkirakan akan jatuh antara hari Selasa (7 Maret 2023) hingga Rabu (8 Maret 2023). Tentu, malam ini sangat dinantikan oleh umat muslim yang sangat ingin mendapatkan keutamaannya.

Malam ini juga disebut sebagai malam pengampunan, lantaran di malam tersebut dipenuhi dengan Rahmat dan kebaikan-kebaikan Allah SWT. Istimewanya, malam nisfu syaban memang menjadi momen untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan.

Niat puasa Nisfu sya’ban perlu diketahui oleh semua umat muslim ketika ingin menjalankannya. Puasa di bulan Syaban memang hukumnya adalah sunnah, namun tidak ada salahnya jika kita tetap mengimani dan menjalankan perintah tersebut sesuai yang telah dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Ada banyak sekali jenis keutamaan dan hikmah yang akan didapatkan ketika menjalankan puasa Nisfu Sya’ban. Apabila kalian penasaran apa saja yang akan didapatkan ketika kita semua menjalani ibadah tersebut.

Maka kalian kami sarankan untuk terus mengikuti pembahasan yang akan kami berikan pada kesempatan kali ini. Karena disini kami akan membahas lengkap dari mulai Niat Puasa Nisfu Sya’ban, keutamaan serta hikmah yang akan didapatkan.

Puasa Nisfu Sya’ban adalah puasa sunnah yang dilakukan oleh umat Islam pada malam tanggal 15 pada Bulan Sya’ban dalam penanggalan Tahun Hijriyah. Istilah Nisfu Sya’ban  memiliki arti tengah Sya’ban, dan puasa ini sering disebut juga dengan “puasa tengah pada Bulan Sya’ban”.

Meskipun puasa Nisfu Sya’ban hukumnya bukanlah wajib, namun banyak umat Islam yang melakukannya karena diyakini memiliki keutamaan dan keberkahan. Puasa ini juga dianggap sebagai persiapan menyambut datangnya bulan suci Ramadan yang sebentar lagi akan tiba.

Karena sebentar lagi kita akan menyambut bulan suci ramadhan, maka dari itu dianjurkan untuk semua umat islam melaksanakan ibadah puasa Nisfu sya’ban.

Lalu kapan waktu yang tepat untuk semua umat islam guna menjalani ibadah puasa Nisfu Sya’ban tersebut? Puasa dapat dimulai pada malam tanggal 15 pada bulan sya’ban dan berlangsung pada pagi hari.

Puasa Nisfu sya’ban juga dapat dijalani secara penuh hari, ataupun hanya sebagian malam saja. Semua umat islam bisa bebas memilih ingin menjalani puasa tersebut secara sendri ataupun bersama keluarga, karena mengenai hal tersebut tidak ada anjuran khusus untuk menjalani puasa sendiri atau bersama-sama.

Puasa Nisfu Sya’ban tidak disebutkan secara rinci dalam Al-Qur’an atau Hadis, namun amalan ini dipraktikkan oleh sebagian besar umat Islam di seluruh dunia. Meskipun tidak ada sumber yang pasti mengenai asal usul puasa Nisfu Sya’ban, namun ada beberapa riwayat yang mengatakan bahwa puasa ini pertama kali dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.

Keutamaan Puasa Nisfu Sya’ban

Dalam sebuah hadis, Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa pada malam Nisfu Sya’ban, Allah SWT memberikan ampunan kepada semua orang kecuali orang yang musyrik atau orang yang bermusuhan.

Puasa Nisfu Sya’ban juga dipercaya dapat membantu menghapus dosa-dosa dan kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh umat Islam. Selain itu, puasa Nisfu Sya’ban juga dipercaya dapat memberikan berkah, rahmat, dan keberkahan dalam kehidupan sehari-hari.

Jika membicarakan sebuah keutamaan, maka akan ada banyak sekali jenis keutamaan yang akan kalian dapatkan apabila menjalani ibadah puasa Nisfu sya’ban.

Salah satu dari keutamaan ketika menjalani puasa Nisfu sya’ban ialah mendapatkan sebuah syafaat pada hari akhir dari nabi besar kita, yaitu Nabi Muhammad SAW. Sesuai dengan hadist berikut ini:

وَالثَّانِي عَشَرَ صَوْمُ شَعْبَانَ، لِحُبِّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صِيَامَهُ. فَمَنْ صَامَهُ نَالَ شَفَاعَتَهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ  

“Puasa sunnah yang ke-dua belas adalah Puasa Sya’ban, karena kecintaan Rasulullah Saw terhadapnya. Karenanya, siapa saja yang memuasainya, maka ia akan mendapatkan syafaat beliau di hari kiamat.” (Muhammad bin Umar Nawawi al-Jawi, Nihâyatuz Zain fi Irsyâdil Mubtadi-în, [Bairut, Dârul Fikr], h. 197). 

Hikmah Menjalankan Nisfu Sya’ban

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Puasa Nisfu Sya’ban memiliki beberapa hikmah dan manfaat bagi umat Islam, adapun beberapa hikmah yang akan kalian dapatkan ketika menjalankannya, bisa kalian simak berikut ini.

Meningkatkan Keimanan dan Ketakwaan

Puasa Nisfu Sya’ban dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan umat Islam karena melibatkan ibadah puasa yang dapat membantu membersihkan hati dari dosa-dosa dan memperkuat hubungan dengan Allah SWT. Selain itu, puasa ini juga dapat menjadi sarana untuk memperbanyak amalan ibadah, seperti sholat, dzikir, dan bacaan Al-Qur’an.

Memperkuat Ukhuwah Islamiyah

Puasa Nisfu Sya’ban dapat menjadi momen yang tepat untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah, yaitu hubungan antar sesama muslim. Umat Islam dapat melaksanakan puasa ini bersama-sama dengan keluarga, teman, dan komunitas, sehingga dapat membentuk kebersamaan dan kekompakan yang lebih baik.

Meningkatkan Kesadaran Sosial

Puasa Nisfu Sya’ban juga dapat meningkatkan kesadaran sosial umat Islam terhadap orang-orang yang membutuhkan. Umat Islam dapat memanfaatkan momen ini untuk melakukan berbagai amalan kebaikan, seperti memberikan sedekah, mengunjungi orang sakit, dan membantu mereka yang membutuhkan.

Membantu Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental

Puasa Nisfu Sya’ban juga dapat membantu menjaga kesehatan fisik dan mental umat Islam. Puasa yang dilakukan pada malam hari dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan menenangkan pikiran, sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi stres.

Menyiapkan Diri Menghadapi Bulan Suci Ramadan

Puasa Nisfu Sya’ban juga dapat membantu umat Islam untuk mempersiapkan diri menghadapi bulan suci Ramadan yang sebentar lagi akan tiba. Dengan melakukan puasa pada malam tanggal 15 Sya’ban, umat Islam dapat memulai persiapan untuk menyambut bulan suci Ramadan dengan lebih baik dan khusyuk.

Niat Puasa Nisfu Sya’ban

Setelah kalian mengetahui apa saja keutamaan dan juga hikmah yang akan didapatkan ketika menjalani puasa Nisfu sya’ban. Apakah kalian mengetahui niat dari menjalankan puasa Nisfu sya’ban? Jika kalian belum mengetahuinya.

Adapun niat dari puasa Nisfu sya’ban, berikut ini:

نَوَيْتُ صَوْمَ شَعْبَانَ لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma syabbâna lilâhi ta’aâlâ.                     (P4/Clefhui.id)

 


Komentar Anda

Berita Terkini