HUT Korps Kumad Ke-71, Dihadiri Pangdam, Berikut Sejarah Peringatannya

/

/ Kamis, 02 Maret 2023 / 17.35 WIB

 

Medan, Pilarempat.com-- HUT Korps Hukum Angkatan Darat diperingati setiap tahun pada tanggal 1 Maret, hari besar Nasional tersebut untuk merayakan lahirnya satuan Penegakan Hukum dan Kehakiman Angkatan Darat.

Pada peringatan Ke-71 Korps Hukum TNI Angkatan Darat, yang digelar Kumdam I/BB di Aula Kumdam setempat, Jalan Gaperta Medan, Rabu (1/3). 

 Acara syukuran turut dihadiri Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI A. Daniel Chardin dan para pejabat utama Kodam .

Pangdam Daniel Chardin mengatakan, bahwa hukum adalah panglima, oleh karena itu, jadilah prajurit hukum yang amanah, profesional, dan proporsional dalam menegakkan hukum, ujarnya.

Pangdam berpesan, peringatan ini tidak hanya menjadi tradisi dan kebanggaan satuan, tetapi dapat pula meningkatkan moril serta motivasi warga Korps Hukum di lingkungan Kodam I/Bukit Barisan dalam melanjutkan pengabdian kepada bangsa dan negara.

"Selamat memperingati hari jadi Korps Hukum Angkatan Darat yang ke-71. Kepada warga Korps Hukum di lingkungan Kodam I/Bukit Barisan dan para sesepuh. Diharapkan momentum ini sesuai tema. Amanah dalam Mengabdi, Profesional dalam Berbakti, dan keikhlasan tanpa meninggalkan profesionalitas kita sebagai prajurit," sebut Pangdam.

Sementara itu, awal mula peringatan Korps hukum dan kehakiman di Tentara Nasional Indonesia Angkatan darat, yakni sejarah HUT Korps Kumad sebagai berikut.

Dilansir situs resmi Direktorat Hukum Tentara Nasional Angkatan Darat, dan Korps Kehakiman Angkatan Darat adalah Organisasi Hukum TNI AD. Pada masa penjajahan Belanda cikal bakal organisasi hukum di lingkungan Angkatan Darat sudah ada dengan sebutan “Afdeling Yuridische Zaken” KNIL, dan fungsi lembaga tersebut tetap dipertahankan di lingkungan TNI AD. 

Di Tahun 1952 Kasad mengeluarkan Surat Keputusan Nomor : 0185/ KSAD/KPTS/1952 tanggal 5 - 3 - 1952 yang menetapkan bahwa Staf Yuridische Kabinet Ksad dihapuskan dan sebagai pengganti, diresmikan “Corps Yustisi Militer” yang berkedudukan di Jakarta.

Selanjutnya disebut dengan “Direktorat Kehakiman Angkatan Darat” serta mendirikan pula mulai berlakunya Surat Keputusan ini, yaitu tanggal 1 Maret 1952. Dengan berlakunya Surat Keputusan tersebut, maka ditetapkan hari menjadi Korps Kehakiman Angkatan Darat (CKH), yaitu tanggal 1 Maret, dan sebagai Direktur yang pertama adalah dijabat oleh Basaruddin Nasution, SH.

Dalam acara syukuran HUT Ke-71 Korps Hukum kali ini, Pangdam juga melakukan peletakan batu pertama pembangunan Musholla Kumdam I/BB, turut disaksikan Kasdam I/BB, Irdam, para PJU Kodam I/BB, Kakumdam I/BB, dan para Perwira Staf Kumdam I/BB yang hadir. (P.4/ mzky).

Komentar Anda

Berita Terkini