Bupati Samosir Buka Rapat Gugus Tugas KLA

/

/ Kamis, 16 Maret 2023 / 10.48 WIB


Samosir, PILAREMPAT.COM -
Bupati Samosir yang diwakili Asisten I Tunggul Sinaga membuka secara resmi rapat gugus tugas Kabupaten Layak Anak (KLA) 2023 di Aula Kantor Bupati Samosir, Kamis (16/3/2023), Pangururan.


Rapat Koordinasi (Rakor) gugus tugas KLA di Samosir membahas terkait penginputan data pendukung pelaksanaan indikator KLA tahun 2023 yang dilaksanakan mulai tanggal 08 Pebruari-23 Maret 2023. Turut hadir Kabid Pemberdayaan perempuan dan Perlindungan Anak Dinas P3AP2KB, Bappeda Pemkab Samosir, dan pimpinan OPD tim gugus tugas KLA , TP.PKK Kabupaten Samosir.


Pada Tahun 2022 Kabupaten Samosir telah mendapat penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) kategori Pratama dan terus berbenah dan bersinergi lintas OPD serta berbagai unsur untuk naik kategori Madya pada 2023.


Bupati Samosir diwakili Asisten I Tunggul Sinaga mengatakan Pemerintah Daerah berkewajiban dan bertanggungjawab untuk melaksanakan dan mendukung kebijakan nasional dalam penyelenggaraan perlindungan anak di daerah melalui upaya membangun Kabupaten layak anak yang menjamin pemenuhan hak anak serta perlindungan khusus yang dilakukan secara terencana, menyeluruh dan berkelanjutan. Untuk itu Diminta tim gugus tugas betul-betul menerapkan 5 klaster hak anak yang menjadi indikator disetiap Kabupaten.


Klaster tersebut diantaranya, klaster hak sipil dan kebebasan, klaster lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, klaster kesehatan dasar dan kesejahteraan, klaster pendidikan pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya serta klaster perlindungan khusus.


“Anak adalah investasi kita di masa yang akan datang, maka kewajiban kita bersama untuk menjadikan anak lebih berkualitas sehingga menjadi modal dalam pembangunan, sehingga dibutuhkan peran seluruh stakeholder/ pemangku kepentingan pemerintah, masyarakat dan dunia usaha bahu-membahu ” sebut Tunggul.


Lebih lanjut disampaikan keterlibatan tim gugus tugas KLA Kabupaten Samosir sangat penting guna mengkoordinasikan dan menyinkronkan penyusunan rencana aksi daerah (RAD), mobilisasi sumber daya, dana dan sarana dalam rangka penyelenggaraan KLA. Mengkoordinasikan advokasi, fasilitasi, sosialisasi, edukasi serta pemantauan dan penyelenggaraan KLA di Kabupaten Samosir. Dalam pelaksanaan tugasnya, Tunggul Sinaga meminta tim gugus tugas bekerja dengan serius dan penuh tanggungjawab, membuat laporan penyelenggaraan secara berkala, sehingga pada tahun 2023 KLA di Kabupaten Samosir dapat meningkat dan kembali mendapatkan DAK dari Pemerintah Pusat. (P4/MT)

Komentar Anda

Berita Terkini