Animo Tinggi Masyarakat Sumut Daftarkan Kendaraan dalam Program Subsidi Tepat Pertamina

/

/ Kamis, 09 Maret 2023 / 12.06 WIB

Medan, PILAREMPAT.com - Masyarakat Sumatera Utara (Sumut) sangat antusias mendaftarkan kendaraannya untuk mengikuti Program Subsidi Tepat. Hal ini disampaikan Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria di Medan, Selasa (7/3/2023).

"Kami mencatat sejak 1 Maret ini, sebanyak lebih kurang 31.500 unit kendaraan telah mendaftar dalam Program Subsidi Tepat di Sumut, khusus segmen Solar. Jumlah pendaftar Program Subsidi Tepat mengalami peningkatan signifikan," ujar Satria.

Ia menjelaskan, mulai hari ini, 7 Maret telah diterapkan perluasan wilayah implementasi uji coba Program Subsidi Tepat di Sumut. Program Subsidi Tepat ini bertujuan untuk mendata kendaraan yang menggunakan BBM bersubsidi. 

Melalui pendataan ini, diharapkan penyaluran BBM bersubsidi dapat lebih termonitor dan mencegah kecurangan atau penyalahgunaan di lapangan. Sehingga BBM bersubsidi tersalurkan bagi masyarakat yang berhak.

Dalam meningkatkan jumlah pendaftar, Satria mengatakan, pihaknya telah menambah posko pendaftaran langsung. Bagi masyarakat yang memiliki akses internet, pendaftaran online juga terus dipastikan tidak ada kendala melalui website subsiditepat.mypertamina.id dan menu Subsidi Tepat di Aplikasi MyPertamina.

"Kami telah membuka lebih kurang 300 posko pendaftaran Subsidi Tepat di Sumut. Lokasi posko atau helpdesk Subsidi Tepat tersebut berada di SPBU, kantor pemerintahan (Kantor Samsat, kantor bupati/wali kota), dan fasilitas umum (terminal bus)," ungkapnya.

Sementara itu, konsumen Pertamina Patra Niaga, Slamet mengaku tak ada kendala saat mengisi BBM subsidi dengan menggunakan kode QR. Dengan adanya Program Subsidi Tepat, ia merasa proses pengisian BBM jadi lebih cepat.

"Sebelum isi BBM Solar, saya menunjukan barcode ke petugas SPBU. Lebih bagus begini, jadi lebih tepat sasaran dan pengisian BBM lebih cepat," kata Slamet di SPBU 14201127, Jalan Sisingamangaraja, Medan.

Menurut Slamet, ia sudah mendaftarkan kendaraannya melalui website subsiditepat.mypertamina.id sejak tiga bulan lalu. Saat beli BBM subsidi, ia menggunakan metode pembayaran dengan uang tunai.

"Saya daftar kendaraan untuk Program Subsidi Tepat ini dari website subsiditepat.mypertamina.id," katanya.

Berbeda dengan Slamet, konsumen Pertamina Patra Niaga lainnya, Putra mengatakan ia baru saja mendaftakan kendaraannya di posko pendaftaran langsung di SPBU Pertamina. 

"Tadi saya dibantu petugas SPBU mendaftar kendaraan saya untuk Program Subsidi Tepat. Dokumen yang diunggah itu ada foto KTP, foto STNK, dan foto kendaraan," ujar Putra.

Sebelumnya, Pertamina Patra Niaga juga telah melakukan sosialisasi Program Subsidi Tepat bersama Pemprov Sumut, Pemkot Medan, Tebing Tinggi, Sibolga, Padangsidempuan, Pemkab Serdang Bedagai dan lain-lain.

Sebagai informasi, uji coba penerapan Subsidi Tepat secara menyeluruh telah didukung BPH Migas melalui SK BPH Migas No. T-928/MG.05/BPH/2022 tentang Pelaksanaan Uji Coba Pendistribusian JBT dengan QR Code dan SK Kepala BPH Migas No. 04/P3JBT/BPH Migas/KOM/2020 mengenai Pengendalian Penyaluran Jenis BBM Tertentu.

Untuk informasi dan pertanyaan lebih lanjut mengenai Program Subsidi Tepat, masyarakat dapat mengecek sosial media resmi @ptpertaminapatraniaga, @mypertamina, website subsiditepat.mypertamina.id serta dapat menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135. [P4/sya/rel]

Komentar Anda

Berita Terkini