4th Sumatranomics 2023 Dilaunching , Doddy Zulverdi : Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Tentang Perkembangan Ekonomi

/

/ Senin, 13 Maret 2023 / 19.48 WIB

 

Medan, PILAREMPAT.com – Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw-BI) Sumatera Utara (Sumut), Doddy Zulverdi mengatakan, kegiatan launching dan webinar nasional 4th Sumatranomics 2023 merupakan bagian dari rangkaian kegiatan 4th Sumatranomics 2023 yang akan berlangsung sampai dengan Oktober 2023.

Hal tersebut sebagai wujud kepedulian Bank Indonesia (BI) untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang perkembangan ekonomi dan isu strategis yang terjadi di wilayah Sumatera.

“Rangkaian kegiatan ini diharapkan dapat menggali rekomendasi dan solusi kreatif untuk mengatasi berbagai tantangan perekonomian di antaranya tingginya ketimpangan antar wilayah, tantangan pengendalian inflasi serta pengembangan kualitas SDM dalam hal pembangunan manusia dan literasi digital. Kemudian menggali potensi dalam hal peningkatan nilai tambah industri, kualitas pariwisata dan juga penguatan ketahanan pangan dan energi serta memperkuat digitalisasi ekonomi dan keuangan, “ ujar Doddy Zulverdi dalam sambutannya saat launching dan webinar nasional 4th Sumatranomics 2023 yang digelar secara offline dan online, Senin (13/03/2023) tadi pagi.

Disebut Doddy, dalam pelakasanaanya, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara berkolaborasi dengan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Medan dan Dewan Riset dan Inovasi (DRin) Provinsi Sumatera Utara dalam menyelenggarakan 4th Sumatranomis 2023. 

“Pada event Sumatranomics tahun keempat ini, tema utama yang diusung adalah Sinergi dan Inovasi untuk Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Regional untuk Indonesia Maju, “ terangnya.

Dijelaskannya, ada terdapat 3 topik utama yang akan dibahas lebih lanjut dalam rangakaian acara di antaranya mengenai upaya dan strategi dalam memperkuat bauran dan sinergi kebijakan di daerah, transformasi sektor riil (hilirisasi, pariwisata, ketahanan pangan dan energi), serta digitalisasi ekonomi dan keuangan.

“Melalui penyelenggaraan 4th Sumatranomics 2023 setidaknya terdapat 2 tujuan utama yang ingin diperoleh. Pertama, sebagai upaya penggalian ide dan rekomendasi kebijakan strategis yang diharapkan dapat menjadi referensi bagi Bank Indonesia serta Pemerintah Daerah dalam mendukung akselerasi pemulihan ekonomi Sumatra. Hasil pemikiran berbasis riset tersebut dituangkan dalam bentuk paper oleh para peserta yang berasal dari kalangan akademisi, praktisi dan mahasiswa. Tujuan kedua adalah untuk menyediakan wadah bagi para akademisi, praktisi dan mahasiswa dalam mengembangkan kapasitas riset sehingga berkontribusi terhadap peningkatan kuantitas dan kualitas periset, khususnya di wilayah Sumatera, “ papar Doddy Zulverdi mengakhiri sambutannya. [Syar/Rel]

Komentar Anda

Berita Terkini