Wakil Bupati Samosir Berkantor di Desa Ambarita

/

/ Rabu, 22 Februari 2023 / 21.53 WIB

Samosir, PILAREMPAT.COM - WAKIL Bupati (Wabup) Samosir, Drs Martua Sitanggang, melakukan kunjungan kerja ke Desa Ambarita Kecamatan Simanindo, Samosir.


Setelah kunjungan kerja atau biasa disebut berkantor dari Desa Garoga melanjutkan program Bunga Desa di Desa Ambarita, Sìmanindo.


Turut hadir Pj.Sekdakab, Asisten II, Anggota DPRD Dapem II Parluhutan Samosir dan pimpinan OPD serta masyarakat.


Bunga Desa Ambarita membawa pendekatan pelayanan gratis kepada masyarakat berupa pelayanan kesehatan gratis, Sosialisasi KB dan stunting, Implan KB gratis, pemberian BPJS gratis, pelayanan administrasi kependudukan, sosialisasi pembuatan pupuk organik, pengurusan ijin usaha.


Selain itu, memberikan bantuan pertanian berupa pupuk organik, dan bantuan pendidikan bagi siswa berprestasi, pemberian makanan tambahan kepada balita serta berbagai program pelayanan lainnya.


Kehadiran Wabup Samosir di Desa Ambarita menjadi harapan besar bagi masyarakat untuk peningkatan pembangunan. Demikian disampaikan Tokoh masyarakat Ambarita, Hotman Ambarita.


“Kami merasa ini adalah Aksi nyata melihat situasi pembangunan di desa Ambarita, Bupati dan Wabup bukan hanya mendengar laporan tapi melihat suatu kenyataan. Dengan kehadiran Wabup akan menambah semangat masyarakat dan peningkatan pembangunan di Desa Ambarita tidak separuh-paruh lagi. Semoga Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Samosir lebih baik kedepan,” harap Hotman


Dalam kesempatan ini, Tokoh Masyarakat dan seluruh masyarakat menyambut baik kehadiran Wabup Samosir dan rombongan. Sebagai bentuk penghargaan dan ucapan syukur memberikan ulos (mangulosi) kepada Wakil Bupati.


Dalam dialog dengan masyarakat, Wakil Bupati Samosir menampung seluruh usulan dari tokoh masyarakat, masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan pelaku UMKM.


Kades Ambarita, Oberlin Sitio, merasa bersuka cita dengan kehadiran Wakil Bupati. Berharap dengan adanya kunjungan tersebut, Desa Ambarita akan semakin maju dan sejahtera.


Oberlin mengutarakan, hal utama yang diperlukan adalah peningkatan jalan Martoba-Garoga (bypass) yang dibuka mulai program TMMD, diperlukan perlakuan sehingga jalan yang menjadi kebutuhan masyarakat dapat berfungsi dengan baik. Selain itu disampaikan bahwa desa Ambarita memerlukan pembinaan dalam pengelolaan BUMDes dan Pembukaan objek wisata Baru Pasir putih, Pembukaan dan pembenahan Objek wisata gunung.


“Rencana pembukaan kedua objek wisata ini diperlukan sentuhan APBD dalam pembukaan jalan. Melalui program Bunga Desa dengan hadirnya Wakil Bupati Samosir, semoga Desa Ambarita semakin maju dan sejahtera ” tutup Kades Oberlin Sitio.


Sementara Wabup Samosir menyampaikan konsep Bunga Desa bagaimana pemerintah bisa bertatap muka dengan masyarakat, menyampaikan segala yang ada didalam hatinya untuk membangun Desa Ambarita.


Dijelaskan, secara keseluruhan usulan yang disampaikan tidak bisa terealisasi akan tetapi ditampung. Hal ini disampaikan karena anggaran Samosir masih minim. Sehingga pembangunan di Samosir harus didukung dengan dana APBN.


Disebutkan, dalam pengelolaan desa wisata diperlukan konsep yang matang sehingga mampu mendatangkan wisatawan dan peningkatan pendapatan. Dengan data/konsep yang akurat maka akan dapat menggunakan dana APBN.


Lebih lanjut, Martua mengungkapkan konsep pemerintah bagaimana menciptakan desa menjadi desa mandiri. “Jika semua desa sudah mandiri kaya-rayalah Kabupaten Samosir” kata Martua.


Wabup mengapresiasi BUMDes Saurdot yang mampu secara mandiri memproduksi pupuk organik cair dan padat. BUMDes diharapkan mampu memproduksi pupuk dengan jumlah besar sehingga dapat memenuhi kebutuhan pupuk bagi petani lain, dapat meningkatkan perekonomian,” katanya. (P4/MT)

Komentar Anda

Berita Terkini