Pasca Temuan Minyakita 75 Ton, Harga Minyak Goreng Curah di Sumut Turun...

/

/ Kamis, 23 Februari 2023 / 20.25 WIB


Medan, PILAREMPAT.com --
Harga minyak goreng mengalami penurunan sejak temuan dugaan penimbunan minyakita 75 Ton oleh SATGAS Pangan sebelumnya. 


"Berdasarkan hasil pemantauan lewat Pusat Informasi Harga Pangan Strategis atau PIHPS, harga minyak goreng curah di kota padang sidempuan mulai turun pada 17 februari sebesar 500 per Kg," ujar Gunawan Benjamin, MSi (foto), Ketua Tim Pencatat Harga Pangan Sumut, di Medan, Kamis (23/2/2023).


Gunawan mencatat, dari posisi sebelumnya 16 ribu per Kg menjadi 15.500 per Kg. Selanjutnya di awal pekan ini di kota siantar juga terjadi penurunan harg aminyak goreng curah sebesar 100 rupiah per Kg. Harga minyak goreng curah rata rata di siantar di jual 14.650 per Kg. Dan pada tanggal 22 Februari atau tepatnya hari Rabu pekan ini, harga minyak goreng di kota medan turun dalam.


Harga minyak goreng curah di medan dijual 14 ribu per Kg, dari harga sebelumnya 15 ribu per Kg. Harga minyak goreng di kota medan kembali ke harga sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET). 


Sementara di wilayah lainnya, yang terpantau melalui PIHPS masih menunjukan harga yang stabil. Spekulasi terkait dengan penurunan harga minyak goreng curah ini tentunya ada banyak.


"Saya belum menemukan pemicu penurunan harga minyak goreng curah itu sendiri. Pada dasarnya harga CPO dunia bergerak terbatas selama 5 bulan terakhir dengan kecenderungan melemah. Kalau mengkaitkan temuan minyakita 75 ton, saya menilai jumlah tersebut kalau dilepas ke pasar semuanya di harga 14 ribu, saya menilai tidak akan berpengaruh besar terhadap penurunan harga minyak goreng," ungkapnya.


Namun, ungkapnya lagi, ia meyakini bahwa ada upaya yang telah dilakukan oleh SATGAS Pangan maupun TPID belakangan ini dalam meredam kenaikan harga minyak goreng di pasar. Dan ditambah dengan pembentukan harga minyak sawit di dunia yang belakangan ini dalam tren turun, seharusnya juga membuat pembentukan harga minyak goreng di pasar mengalami penurunan.


"Untuk itu kita berharap SATGAS Pangan tetap berada di pasar. Lakukan SIDAK secara rutin untuk memastikan bahwa stok pangan terukur dan mencukupi. Kondisi pembentukan harga di pasar harus bisa mencerminkan kondisi keseimbangan pasar yang sempurna. Untuk itu KPPU harus bisa mengawasi segala bentuk praktek perdagangan yang ada di pasar," terangnya.


Selain harga minyak goreng curah, harga beras di kota medan juga turun lagi kemarin. Ada penurunan harga beras kualitas bawah sebesar 100 hingga 200 rupiah per Kg. 


Disebutnya, saat ini, beras murah di Kota Medan dijual dalam rentang 10 ribu hingga 10.200 per Kg. Harga beras murah ini sempat turun dalam seiring intervansi BULOG sebelumnya. [P4/sya]

Komentar Anda

Berita Terkini