Bupati Samosir Rapat Konsolidasi Data Kemiskinan dalam Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem

/

/ Rabu, 08 Februari 2023 / 16.33 WIB

Samosir, PILAREMPAT.COMBupati Samosir diwakili Pj. Sekdakab Waston Simbolon membuka secara resmi Rapat Konsolidasi Data Kemiskinan dalam Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem, bertempat di Hotel JTS Parbaba Pangururan.


Turut hadir, Kepala OPD se-Kab. Samosir, para Camat se-Kabupaten Samosir dan Kepala Desa. Rapat tersebut menghadirkan Narasumber dari Bappeda Sumut (secara online), Kadis Sosial PMD Pemkab Samosir F. Agus Karo Karo dan Kepala BPS Samosir, Freddy Situngkir, Rabu (8/2/2023), Samosir.


Pj. Sekda Waston Simbolon, menyambut baik rapat konsolidasi penuntasan Kemiskinan ekstrim yang dilaksanakan USAID ERAT, sangat penting untuk mendukung program pemerintah dalam penuntasan kemiskinan ekstrem sesuai keputusan Peraturan Presiden RI nomor 96 Tahun 2015 tentang Percepatan Penanggulangan Kemiskinan, yang menegaskan bahwa kemiskinan merupakan permasalahan bangsa yang mendesak dan memerlukan langkah-langkah konkret penanganan yang sistematik, integratif dan holistik dalam mengurangi beban serta memenuhi hak-hak dasar warga negara secara layak melalui pembangunan yang inklusif, berkeadilan dan berkelanjutan.


Demikian halnya di Samosir, penuntasan kemiskinan ekstrem dibutuhkan sinergitas dan kerjasama seluruh pihak terutama sinergitas antar OPD.

Selain itu, Bupati menekankan OPD memberikan perhatian serius dengan mengacu pada 3 strategi utama penanggulangan kemiskinan ekstrem yaitu, pengurangan beban pengeluaran masyarakat, peningkatan pendapatan masyarakat dan penurunan kantong-kantong kemiskinan.


Dalam penuntasan kemiskinan, Pemkab Samosir telah menetapkan tim koordinasi penanggulangan kemiskinan daerah (TKPKD) melalui Keputusan Bupati Samosir Nomor 321 Tahun 2021 dan telah menyusun dokumen rencana penanggulangan kemiskinan daerah 2021-2026.


“Melalui diskusi yang lebih luas, semoga memperoleh data yang akurat, selaras dengan konvergensi program penanggulangan kemiskinan yang dilaksanakan OPD secara terpadu, terkoordinir pada kantong-kantong kemiskinan di Samosir”, bebernya.


USAID ERAT Sumut, Hawari Hasibuan menyampaikan rapat konsolidasi di Samosir untuk mendukung program pemerintah dalam penuntasan kemiskinan ekstrem, mewujudkan zero kemiskinan ekstrim pada tahun 2024.

“Menangani kemiskinan dengan duduk bersama. Kemiskinan ekstrem harus dikeroyok dan bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, termasuk swasta” tambah Hawari.


USAID ERAT (United State Agency for International for Development) merupakan program kerjasama pemerintah Indonesia dengan Amerika Serikat untuk memperkuat tata kelola pemerintah yang efektif melalui penguatan koherensi pemerintah pusat dan daerah. (P4/MT)

Komentar Anda

Berita Terkini