PJSI Sumut Bangga Pejudonya Masuk Kategori Atlet Super Prioritas

/

/ Selasa, 17 Januari 2023 / 23.21 WIB

 

MEDAN, PILAREMPAT.com  -  Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Sumut bangga pejudonya Helena Susyen masuk kategori atlet super prioritas.

Hal tersebut diungkapkan pengurus Pengprov PJSI Sumut di sekretariat Jalan Gaharu Medan, Selasa (17/1) malam.

"Atlet kita atas nama Helena Susyen yang sebelumnya menjuarai kejuaraan judo berlevel nasional, ditetapkan KONI Sumut masuk kategori atlet super prioritas," ucap Ketua Pengprov PJSI Sumut, M Arif Fadilah didampingi sekretaris Pengprov PJSI Sumut, Josef Yus dan Kabid Binpres, Eka Setia Wirawan Siregar dan pengurus lainnya. Selain itu, dua atlet judo masuk kategori Prioritas.

Dalam kesempatan tersebut, pengurus PJSI Sumut berharap keberhasilan pejudo Sumut meraih medali dalam kejuaraan judo berlevel Asean, pada awal Januari 2023, bisa menjadi sinyal untuk meraih medali emas PON XXI 2024.

Dalam ajang South East Asia Judo Championship 2023 yang diikuti peserta dari negara-negara Asean di Sunshine Square Banquet Hall, Bayan Lepas Penang, Minggu (8/1) lalu, pejudo putri Sumut Helena Susyen kembali menunjukkan prestasi dengan menyabet medali perak. Dua pejudo lainnya, Gusti Gowasa dan Jihan S Lubis meraih medali perunggu.

M Arif Fadillah mengungkapkan keberhasilan berbicara prestasi pada kejuaraan berlevel nasional dan Asean, bukan merupakan hal yang mudah, hal ini hasil pembinaan berjenjang. 

"Prestasi ini, tidak muncul begitu, pembinaan tidak mudah, itu hasil pembinaan berjenjang, dalam rentang 4 sampai 5 tahun," kata M Arif Fadillah yang dikenal sebagai penggiat sepakbola.

Helena Susyen yang menyandang gelar juara Kejurnas Piala Menpora 2022 misalnya, dibina cukup lama mulai dari level PPLP.

Arif Fadillah menyebutkan PJSI Sumut sudah menyusun program dan menyampaikan ke KONI Sumut. Menyongsong PON Sumut-Aceh, PJSI Sumut memprogramkan try-out dan pelatihan di luar negeri, rencananya ke Jepang. PJSI Sumut sudah menjajakinya melalui Konjen Jepang di Sumut.

Sekretaris PJSI Sumut Josef Yus dalam kesempatan itu mengungkapkan, judo Sumut mencatat sejarah baru dalam pembinaan, dimana untuk pertama kali, tiga pejudo Sumut dipanggil PB PJSI mengikuti Pelatnas. 

"Dengan bergabung di Pelatnas, kita berharap kemampuan pejudo Sumut bakal meningkat pesat," ujar Josef Yus. Diharapkan, peluang meraih 5 medali emas yang ditargetkan dalam PON 2024, kian terbuka. Ketiga atlet yang dipanggil Pelatnas, adalah Helena Susyen, Nanda Olivia Banurea, dan Winner Panggabean.

Josef Yus juga berharap, Pemprovsu bisa menggalang dana CSR dari perusahaan besar yang ada di Sumut untuk persiapan atlet Sumut ke PON . "Saya gembira masalah CSR untuk olahraga sudah dibahas dalam rapat kordinasi di rumah dinas Gubsu, diharapkan bisa terwujud," ujar Josef.

Diungkapkan, dalam PON XXI, PJSI Sumut akan menampilkan atlet pada nomor pertandingan kata (jurus). "Kita akan tampil nomor Kata atau jurus karena melihat ada potensi dan peluang medali, dan kita sudah melatih atletnya," ungkap Josef Yus. (P4/son)

Komentar Anda

Berita Terkini