Bupati Samosir Minta Gubsu Edy Rahmayadi Hentikan Penyadapan Getah Pinus

/

/ Senin, 22 Agustus 2022 / 23.22 WIB


Samosir,PILAREMPAT.COM -
Bupati samosir Vandiko T Gultom mengirimkan surat kepada Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi untuk meminta menghentikan penyadapan Getah Pinus di Kabupaten Samosir.


Hal ini disampaikan guna mencegah serta mengatasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Samosir, Sabtu (20/8/2022), Pangururan.


Permohonan tersebut disampaikan melalui Kepala Dinas (Kadis) Kehutanan Provinsi Sumatera Utara (Provsu) agar mengeluarkan satu kebijakan yakni penghentian penyadapan getah pinus dan perbaikan sprinkle.

“Bupati Samosir diketahui telah mengirimkan surat permohonan tersebut ke Gubsu Edy Rahmayadi”.


Dijelaskan dia, bahwa sehubungan dengan maraknya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Samosir dimana hingga saat ini telah mencapai lebih kurang 500 hektar, sehingga sangat perlu dilakukan langkah-langkah sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan dalam antisipasi dampak kebakaran yang lebih luas.


Untuk itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir memohon agar dibuat satu kebijakan untuk menghentikan penyadapan getah pinus dan perbaikan sprinkle di wilayah Samosir, pinta Bupati Samosir itu.


Surat Bupati tersebut juga disampaikan kepada Dewan DPRD Provsu, Inspektorat Provsu dan Kepala UPT KPH Wilayah XIII Dolok Sanggul serta dinas terkait. (P4/MT)

Komentar Anda

Berita Terkini