Bupati Samosir Secara Resmi Buka Kompetisi Sains dan Literasi

/

/ Minggu, 31 Juli 2022 / 07.54 WIB

Samosir,PILAREMPAT.COM - Bupati Samosir melalui Dinas Pendidikan dan Kepemudaan Olahraga secara resmi membuka Kompetisi Sains, Seni dan Olahraga Tingkat SD se-Kenegerian Sihotang.


Acara yang digelar di SMP Negeri 2 Harian Desa Siparmahan, Sabtu (30/7/2022), Samosir.


Bupati dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan, Pemuda dan Olahraga mengatakan, kompetisi dan festival tujuannya untuk mencetak serta menghasilkan calon penerus bangsa secara khusus generasi di Kenegerian Sihotang. Walau tinggal di pedesaan harus mampu melakukan melakukan perubahan untuk mewujudkan generasi cerdas, berkarakter, tangguh dan adaptif terhadap kondisi sekarang ini.


”Saya yakin anak Kenegerian Sihotang walaupun tinggal di Desa akan mampu bersaing dengan yang tinggal di kota,” imbuhnya.


Lanjut Bupati, berharap agar kompetisi tersebut dapat berjalan lancar, sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas. Selamat melaksanakan Kompetisi Sains, Seni dan olahraga juga Festival Literasi SMP Negeri 2 Harian.


Sementara itu, Ketua panitia Jo Sinaga mengatakan bahwa kegiatan KS2O ini sudah terlaksana pada tahun 2019, namun karena pandemi Covid-19 maka tahun ini dilaksanakan.


Untuk tingkat SD ada 6 cabang lomba yaitu Story telling, Vocal solo, tari kreasi, lomba lari sprin 100 meter dengan memperebutkan piala bergilir Djaisorba Sihotang, medali, tropi, piagam penghargaan dan uang pembinaan.


Untuk tingkat SMP ada 5 cabang lomba yaitu story telling, vocal solo, tari kreasi, lomba lari sprint 100 meter merebutkan medali, trofi dan uang pembinaan serta piagam penghargaan.


Selain itu, dijelaskan dia, secara khusus festival literasi serta numerasi yang terpilih peserta didik terbaik setiap tingkat kelas yang akan memperebutkan posisi Duta Literasi SMPN 2 Harian akan diujikan soal-soal AKM ( Assmen Kompetensi Minimum) guna mengukur kemampuan literasi numerasi yang akan dilaksanakan di ruang laboratorium komputer. (P4/MT)

Komentar Anda

Berita Terkini