DPD Perbarindo Tingkatkan Daya Saing BPR/BPRS di Sumut

/

/ Kamis, 02 Juni 2022 / 08.42 WIB

 


Deputi Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan I OJK Regional 5 Sumbagut Mangasi Yusliani dan  Ketua DPD Perbariido Sumut, Hardey Sabar Silaban dalam Pelatihan Hukum Kredit “Membangun BPR/BPRS yang Tangguh melalui Instrumen Hukum”.  [P4/dok OJK Sumbagut].

MEDAN,  PILAREMPAT.com - Kondisi pandemi Covid-19 berangsur-angsur membaik. Aktivitas pelaku UMKM di Sumatera Utara (Sumut) mulai bangkit kembali seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang mulai menunjukkan angka positif.

Kinerja BPR dan BPRS di Sumut pun menunjukkan tren pertumbuhan dibandingkan tahun sebelumnya. Total aset meningkat sebesar 7,49% yoy dari Rp 2,14 triliun menjadi Rp 2,29 triliun, begitupun dengan pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar 7,60% yoy dari Rp1,66 triliun menjadi Rp1,78 triliun dan pertumbuhan kredit sebesar 13,49% yoy dari Rp1,42 triliun menjadi Rp1,61 triliun.

Dalam rangka penguatan kinerja BPR/S di Sumut, DPD Perbarindo Sumut menyelenggarakan pelatihan hukum kredit dengan tema “Membangun BPR/BPRS yang Tangguh melalui Instrumen Hukum”.

Acara ini dihadiri oleh seluruh pengurus DPD Perbarindo Sumut dan OJK Regional 5 Sumbagut.

“Pelatihan ini berguna untuk meningkatkan kapasitas seluruh anggota Perbarindo khususnya dalam menangani berbagai gugatan di pengadilan. Kegiatan pelatihan-pelatihan seperti ini akan dilakukan secara berkala dengan topik selanjutnya mengenai analisa kredit untuk memingkatkan kemampuan account officer untuk menganalisa permohonan kredit.“ ujar Hardey Sabar MT Silaban dalam sambutannya selaku Ketua Umum DPD Perbarindo Sumut, kemarin.

Sementara itu, Mangasi Yusliani selaku Deputi Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan I OJK Regional 5 Sumbagut dalam sambutan menyampaikan harapan bahwa pelatihan ini dapat meningkatkan pemahaman terhadap hukum-hukum yang berlaku dalam aktivitas perkreditan/pembiayaan agar penyaluran kredit dapat tersalurkan dengan baik dan dapat menciptakan industri perbankan yang produktif, sehat dan berdaya saing sehingga mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat.

Dalam rangkaian acara pelatihan ini juga dilakukan kegiatan Pembentukan Dewan Pengurus Komisariat (DPK) Perbarindo Siantar Sekitarnya dan DPK Perbarindo Tapanuli sekitarnya dalam upaya untuk semakin memperkuat kinerja BPR dan BPRS di Sumatera Utara. [P4/sya/rel]

 

 

 


Komentar Anda

Berita Terkini