Wakil Ketua DPRD Samosir Tanam Bibit Pohon di Objek Wisata Alam Siarubung

/

/ Selasa, 01 Maret 2022 / 04.28 WIB

 


SAMOSIR-PILAREMPAT.COM | Wakil Ketua DPRD Samosir Pantas Marroha Sinaga memberikan bibit pohon kayu putih, pohon pucuk merah, pohon beringin kepada warga desa Turpuk Limbong Kecamatan Harian, Senin (28/02/2022), sekira pukul 14.00 WIB.


Pemberian bibit pohon itu disambut baik oleh Kepala Desa Turpuk Limbong Viktor Sinaga, Pengurus Bumdes Sairubung, Koordinator Wilaya III uptd Peralatan Dinas PUTR Binhot Sitanggang, Anggota Gajahmada Pomdam 1/BB Baktiar H Pasaribu


Wakil Ketua DPRD Samosir Pantas Marroha Sinaga menjelaskan bahwa pohon pucuk merah memiliki struktur akar tunggang yang kuat. Akar ini akan menjulang ke tanah dengan kokoh untuk menopang batang pohonnya yang besar.


Selain itu, pohon pucuk merah sangat cocok dimanfaatkan sebagai tanaman pencegah longsor, terutama di daerah pegunungan maupun ditepi pantai, tidak hanya mampu mencegah longsor saat musim hujan, Pohon Pucuk Merah juga mampu menyerap air hujan dan menjadikannya cadangan air untuk musim kemarau.


Pantas Marroha Sinaga Menambahkan bahwa pohon ini merupakan salah satu tumbuhan yang dapat menyelamatkan bumi dari pemanasan global. Penanaman pohon yang banyak akan berdampak pada banyaknya oksigen yang dihasilkan sehingga dapat mengurangi efek negatif dari pemanasan global.


"Seperti yang kita ketahui pohon memiliki banyak manfaat yang dihasilkan salah satunya yaitu menyerap karbondioksida dan menghasilkan oksigen dan pohon memiliki begitu banyak manfaat untuk kehidupan, salah satunya pohon juga berguna untuk menurunkan suhu setempat sehingga udara disekitarnya akan terasa lebih sejuk, terutama di objek wisata yang berada di tepian Danau Toba," ujarnya.


Kepala Desa Turpuk Limbong, Viktor Sinaga menyampaikan pohon yang di berikan Wakil Ketua DPRD Samosir Pantas Marroha Sinaga diharapkan mampu memberikan kesejukan serta keindahan bagi masyarakat desa serta para pengunjung Wisata di objek wisata alam Fishing Camp Siarubung ini.


“Semoga dengan adanya pohon ini, suasana sekitarnya lebih sejuk dan dapat dinikmati oleh masyarakat sekitar terutama kepada para Wisatawan yang datang untuk menikmati Keindahan Panorama Danau Toba di Desa Turpuk Limbong," sebutnya.


Koordinator Wilaya III UPTD Peralatan Dinas PUTR Binhot Sitanggang yang turut hadir dalam aksi penanaman Pohon  ini mengungkapkan sangat mengapresiasi kepedulian Wakil Ketua DPRD Samosir Pantas Marroha Sinaga terhadap kelestarian lingkungan di Samosir.


Menurutnya penanaman pohon ini tidak hanya akan memberikan manfaat bagi masyarakat dan generasi berikutnya, namun sebagai bentuk dukungan pada Pemerintah Kabupaten Samosir dalam menciptakan Wisata Samosir yang benar-benar hijau hingga benar-benar menjadi Negeri Indah Kepingan Surga, trutama di Objek Wisata Alam Fishing Camp Siarubung Desa Turpuk Limbong. (P4/M


Komentar Anda

Berita Terkini