PLN Hadirkan SPLU di Kawasan Wisata Mangrove Park-Pantai Sejarah Perupuk Batubara

/

/ Sabtu, 12 Februari 2022 / 13.26 WIB

  

BATUBARA | PILAREMPAT.COM --Hutan mangrove merupakan salah satu hutan dengan luasan terbesar yang berhabitat di daerah pesisir pantai dan muara sungai. Hutan mangrove Indonesia mengisi 25% dari total luas hutan mangrove yang terdapat di dunia.

Sebagai bentuk dukungan PLN pada sektor pariwisata di Kabupaten Batubara, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pematang Siantar melakukan pemasangan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) serta sebagai penanda operasional SPLU tersebut PLN UP3 Pematang Siantar melakukan penandatangan MOU dengan pengelola wisata mangrove - Pantai Sejarah Perupuk Tanjung Tiram yang disaksikan oleh Bupati Kabupaten Batubara Ir. H. Zahir, M.AP sekaligus melakukan peresmian dan penyalaan SPLU sebanyak 5 unit SPLU serta turut menyaksikan Ketua DPRD Kabupaten Batubara M.Safi'I, SH , Senior Manajer Niaga dan Manajemen Pelanggan Chairuddin, Manajer UP3 Pematangsiantar Joy Mart S Sihaloho dan para FORKOPIMCAM sekaligus secara simbolis melakukan pengisian token listrik pada salah satu SPLU serta penyalaan di lokasi Mangrove Park - Kabupaten Batubara, Jumat (11/02/2022).

Wisata Mangrove ini merupakan pantai sejarah pertama dan satu – satunya di Kabupaten Batu Bara. Dimana kawasan ini sangat diminati oleh masyarakat khususnya di kawasan Kabupaten Batu Bara. Dengan potensi pengunjung saat akhir pekan sekitar 1500 – 2000 pengunjung, dengan adanya kawasan ini dapat meningkatkan perekonomian dan usaha para pelaku UMKM yang berada di daerah tersebut.

Manager PLN UP3 Pematang Siantar, Joy Mart S Sihaloho mengatakan, saat ini, para pelaku UMKM yang berada di lokasi Wisata Mangrove, Pantai Sejarah Perupuk masih ada yang menggunakan Dieselisasi (genset), dimana dengan menggunakan genset sangat membebani mereka mulai dari pembelian bahan bakar hingga pemeliharan genset tersebut.

“Dengan adanya SPLU ini, para pelaku UMKM dapat fokus menjalankan usahanya, karena sudah ada listrik dari PLN. Kedepannya PLN akan terus mengembangkan program kelistrikan khususnya di kawasan wisata mangrove - Pantai Sejarah Perupuk,” ujarnya.

Sementara itu, Ir. H. Zahir, M.AP, Bupati Batubara mengucapkan terima kasihnya kepada PLN UP3 Pematang Siantar.

“Terimakasih kepada PLN atas respon cepat dan tanggap terhadap keluhan yang dialami oleh para pelaku UMKM dikawasan ini dengan menghadirkan SPLU pertama di Kabupaten Batubara sekaligus mengapresiasi terkait program SPLU." ungkap Zahir.

Pada kesempatan yang sama PLN UP3 Pematang Siantar juga menyerahkan bantuan berupa 6 buah tempat sampah kepada Bupati Batubara.

Harapannya, dengan diresmikan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya masyarakat Tanjung Tiram serta dapat menjaga kebersihan dan kelestarian kawasan wisata mangrove. [P4/sya/ril]


Komentar Anda

Berita Terkini